Kementerian Haji Saudi Ingatkan Adanya Izin Umrah Palsu

Editor :
Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan para jemaah haji mengelilingi Kakbah.republika.co.id/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kementerian Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi menyita sejumlah izin umrah palsu. Mereka menemukan izin palsu ini dijual kepada orang Saudi dan ekspatriat.

Al-Watan, seperti dilansir republika.co.id, melaporkan beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab terlibat dalam penerbitan izin palsu untuk menipu umat yang merasa kesulitan mendapatkan izin umrah. Sebab, banyak orang yang menunggu selama beberapa pekan atau bulan untuk menunaikan umrah.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menemukan beberapa izin yang dibawa oleh jemaah haji palsu dan mereka telah mengumpulkannya dari beberapa agen. Para peziarah dan pengunjung Dua Masjid Suci bisa mendapatkan izin yang dikeluarkan melalui aplikasi Eatmarna.

Eaatmarna memberikan izin untuk melakukan salat di Dua Masjid Suci dan berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi. Namun, sulit mendapatkan izin umrah dan salat di Rawdah Syarif karena hampir semua izin telah dikeluarkan selama beberapa pekan.

Dilansir Saudi Gazzette, Jumat (4/12/2020), kementerian memperingatkan warga Saudi dan ekspatriat agar tidak menghubungi individu atau lembaga yang mengklaim mereka dapat mengeluarkan izin umrah dan salat di Rawdah Sharif. Kementerian juga menekankan izin akan dikeluarkan hanya melalui aplikasi Eatmarna.

Sementara itu, departemen kesadaran umum presidensi merilis sebuah buku kecil yang menjelaskan ritual umroh. Ini ditulis oleh ulama terkemuka Saudi dan mantan Mufti Agung almarhum Sheikh Abdulaziz Bin Baz. Buklet tersebut dapat dibaca melalui sistem barcode.

Direktur Departemen Kesadaran Umum, Sheikh Wuhaib Al-Sulami mengatakan booklet tersebut akan membantu jemaah mengetahui ritual umrah serta melafalkan sejumlah permohonan. Ini juga termasuk beberapa doa pilihan dari Alquran, tradisi Rasulullah saw., serta tindakan pencegahan dan protokol pencegahan untuk membendung penyebaran Covid-19. @fen

Baca Juga :  Pencipta Lagu Anak "Diobok-obok" Itu Telah Berpulang

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sasar Milenial, Mulai 2021 Daftar Haji Cukup dari Ponsel

Sab Des 5 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) segera meluncurkan platform pendaftaran haji secara digital pada 2021. Anggota BPKH, Iskandar Zulkarnain mengatakan akan ada tiga bank yang pertama bergabung dalam platform tersebut. “Pertama kita coba dulu tiga bank syariah BUMN untuk ada dalam satu platform daftar haji secara digital,” katanya, […]