Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Sumedang

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SUMEDANG – Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Suharyanto melakukan tinjauan pasca gempa Sumedang Magnitudo 4.8 ke beberapa lokasi terdampak di Kabupaten Sumedang, pada Senin, 01 Januari 2023.

Kepala BNPB Suharyanto menyampaikan pemerintah akan terus melakukan pendataan dan membangun rumah bagi warga terdampak.

“Bagi masyarakat yang rumahnya terdampak dan rusak berat akan diganti oleh Pemerintah, jangan sampai masyarakat tinggal di tenda lebih dari satu minggu, begitu tanggap darurat selesai masuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, setelah itu baru membangun rumah tahan gempa untuk rumah-rumah yang rusak berat”. Kata Kepala BNPB Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Ruang Tengah Gedung Negara Sumedang.

Lokasi pertama yang dikunjungi yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang (RSUD) yang mana perhari ini sudah dilakukan asesmen sebanyak tiga kali oleh pihak yang berkompeten yaitu PUPR dan saat ini RSUD Kabupaten Sumedang telah dinyatakan aman untuk digunakan kembali.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, ada 11 yang luka ringan, hari ini sudah dilaksanakan asesmen sebanyak tiga kali oleh instansi yang berwenang dan kredibel yaitu PUPR dan menyatakan bahwa rumah sakit ini aman untuk digunakan kembali.” Ujar Kepala BNPB Suharyanto saat meninjau keadaan RSUD Sumedang.

Rencananya sore ini, pasien yang berada di tenda darurat akan dipindahkan kembali ke ruangan masing-masing secara bertahap sesuai dengan skala prioritas yang aman untuk didahulukan.

Selain meninjau kondisi RSUD Kabupaten Sumedang, Kepala BNPB Suharyanto dan Pj. Bupati Herman juga meninjau lokasi terdampak lainnya yaitu di Kelurahan Cipameungpeuk.

Pj. Bupati Herman menyampaikan bahwa, dengan dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, beliau yakin tanggap bencana ini akan secepatnya dilalui.

Baca Juga :  Marc Klok, Rahmat Irianto, Ricky Kambuaya Dapat Jatah Libur dari Pelatih Persib

“Dengan dukungan kuat dari pemerintah pusat melalui BNPB, pemerintah provinsi dan tentu kolaborasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan segenap stakeholder, tanggap bencana ini akan secepatnya kita lalui, sehingga warga masyarakat yang terdampak bisa secepatnya kembali seperti sedia kala, dan kami pastikan Pemda akan hadir di tengah-tengah msayarakat, kami ada untuk warga masyarakat.” Ucap Pj. Bupati Herman.

Dapat diketahui bahwa BNPB juga memberikan dukungan operasional sejumlah uang sebesar Rp.350.000.000 untuk digunakan selama seminggu, perlengkapan tenda, makanan siap saji dan sembako. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pj. Bupati Herman : Twin Tunnel Cisumdawu Aman Dilalui

Sel Jan 2 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SUMEDANG – Terowongan kembar atau twin tunnel Tol Cisumdawu dinyatakan aman dan bisa dilalui kendaraan pascabencana gempa bumu M 4,8 yang menguncang Sumedang. Akibat guncangan gempa dinding Twin Tunnel Tol Cisumdawu yang mengalami retakan. “Kami sudah klarifikasi dan konfirmasi ke pengelola tol CKJT, twin tunnel dalam keadaan […]