Keren! Kota Bandung Jadi Kota Pelajar Terbaik Se-Asia Tenggara

Editor Kota Bandung masuk sebagai daftar kota pelajar terbaik se-Asia Tenggara./via bandung.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Kota Bandung masuk sebagai daftar kota pelajar terbaik se-Asia Tenggara.

Hal ini diambil dari peringkat Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) yang membuat daftar kota terbaik bagi pelajar di Indonesia pada 2023.

Adapun kelima kota pelajar terbaik di Asia Tenggara tersebut yakni Singapura, Kualalumpur, Bangkok, Manila, dan Kota Bandung.

Di Indonesia, Kota Bandung berhasil meraih kota terbaik yang diikuti kota Jakarta dan Surabaya sesuai penilaian yang dilakukan QS Best Student Cities 2023.

Sebagai informasi, ada enam indikator penilaian yang digunakan dalam pemeringkatan, yaitu: university rankings, student mix, desirability, employer activity, affordability, dan student voice.

Dalam QS WUR 2023, ada enam kampus yang ada di kawasan Bandung Raya, yang masuk daftar kampus terbaik di Indonesia. Lima dari enam kampus tersebut memiliki kampus yang terletak di Kota Bandung:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB),
2. Universitas Padjadjaran (Unpad),
3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),
4. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI),
5. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Secara rinci, kota yang masuk ke dalam pemeringkatan QS Best Student Cities merupakan kota dengan jumlah penduduk paling sedikit 250 ribu jiwa.

Kota tersebut memiliki dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru.

Selain itu, ada beberapa aspek pertimbangan seperti keterjangkauan biaya pendidikan, biaya hidup, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, juga survei dari mahasiswa.

QS WUR menyebutkan ada sebanyak 164 kota memenuhi syarat untuk dipertimbangkan dalam penilaian sebagai destinasi kota terbaik bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan.

Dari 140 kota yang masuk dalam daftar kota pelajar terbaik di dunia versi QS, Bandung menempati peringkat 120 dunia dengan skor 39,4.

Baca Juga :  Pesan Yana bagi Wisatawan: Tetap Jaga Kebersihan Kota Bandung

Disusul Jakarta yang berada di peringkat 124 dunia dengan total skor 37,5 dan Surabaya pada posisi 126 dunia dengan total skor 37,2.

Kota Bandung bahkan lebih baik dari Rio de Janeiro Brasil yang berada di peringkat 121 dan ibu kota India, New Delhi (peringkat 129). @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Messi Telah Mencapai Laga Profesional ke-1.000 di Piala Dunia Qatar 2022

Ming Des 4 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | DOHA – Legenda sepak bola Argentina, Lionel Messi, bermain dalam pertandingan resminya yang ke-1.000 sebagai pemain profesional pada hari Sabtu di babak 16 Besar Piala Dunia Argentina melawan Australia. Sekarang berusia 35 tahun, Messi melakukan debutnya pada 16 Oktober 2004, ketika ia masuk terlambat untuk Barcelona dalam […]