Kerja Sama Bernilai Miliaran Dolar Terjalin antara mu Space dan OneWeb, Dukung Solusi Konektivitas LEO di Asia Tenggara Daratan

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANGKOK – mu Space, produsen kedirgantaraan dan penyedia jasa internet satelit di Asia Tenggara, dan OneWeb, perusahaan komunikasi satelit Orbit Bumi Rendah (Low Earth Orbit), telah menjalin kerja sama eksklusif untuk menyediakan solusi konektivitas Low Earth Orbit (LEO) OneWeb di negara-negara Asia Tenggara yang terletak di daratan, termasuk Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia.

mu Space akan menjadi satu-satunya mitra OneWeb di Asia Tenggara daratan. Di sisi lain, mu Space juga bertindak sebagai distributor tunggal yang menyediakan berbagai jenis layanan di sejumlah sektor, termasuk pemerintah, telekomunikasi, penerbangan, maritim, kendaraan darat, backhauling, dan layanan kesehatan. Solusi yang disediakan mu Space memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menjangkau masyarakat terpencil. Maka, kerja sama tersebut membantu wilayah terpencil memperoleh konektivitas internet yang meningkatkan kehidupan masyarakat sehari-hari. Pemantauan bencana alam dari jarak jauh, seperti kebakaran hutan, merupakan salah satu contoh dari solusi yang dapat dimanfaatkan masyarakat terpencil lewat kerja sama tersebut. Pendidikan dan layanan kesehatan jarak jauh juga dapat menjadi bidang aplikasi dari konektivitas canggih yang ditawarkan mu Space dan OneWeb.

Kerja sama ini menghasilkan pendapatan yang diperkirakan sebesar $100 juta atau THB 3 miliar pada periode enam tahun pertama. Setelah enam tahun, mu Space berhak memperpanjang kerja sama ini. OneWeb akan meluncurkan 648 satelit ke luar angkasa pada Triwulan II-2023. Di tengah tren yang menunjukkan peningkatan angka peluncuran satelit generasi baru pada masa mendatang, nilai pendapatan tersebut dapat meningkat tiga kali lipat hingga sekitar THB 10 miliar.

Sebagai pionir di industri kedirgantaraan di Asia Tenggara, mu Space ingin menghubungkan wilayah ini dengan seluruh dunia lewat teknologi dan produk kedirgantaraan. Tujuannya, mendorong perkembangan industri dan pertumbuhan ekonomi. Dengan dedikasi dan kepemimpinan, mu Space berkomitmen membuat dampak positif secara nyata lewat inovasi, serta mengubah masa depan industri kedirgantaraan di Asia Tenggara dan wilayah lain.

Baca Juga :  Meski Covid-19 Agustus ini Hanya Ditemukan Tiga Kasus, Puskesmas Ciparay Tingkatkan 3T

Pendiri, CEO, dan CTO mu Space, James Yenbamroong, mengomentari kerja sama eksklusif tersebut, “Kami gembira meresmikan kemitraan eksklusif ini, sebab mencerminkan hubungan erat dan positif kami dengan OneWeb. Ekspansi konektivitas internet pita lebar di wilayah terpencil yang mengalami keterbatasan koneksi internet sangat berperan penting. Maka, kami gembira mewujudkan hal ini lewat teknologi OneWeb di luar angkasa dan bumi. Lewat keahlian dan wawasan kami di wilayah ini, serta teknologi inovatif, mu Space dapat merancang solusi secara khusus sebagai sarana ideal di setiap sektor dan setiap negara. Mewakili mu Space, saya ingin menyampaikan bahwa kami sangat bangga menjadi bagian dari inovasi yang berpengaruh dan bermanfaat besar di wilayah kami.”

Neil Masterson, CEO, OneWeb, mengatakan, “Dalam beberapa tahun terakhir, konektivitas internet di wilayah terpencil memiliki daya tarik dan peran yang besar di sejumlah sektor, seperti perusahaan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintah. Kami gembira bermitra dengan perusahaan dinamis seperti mu Space dengan target yang serupa dengan kami, yakni memperluas jangkauan OneWeb di Asia Tenggara, serta menghubungkan semakin banyak masyarakat dan perusahaan. Kemitraan internasional ini menjadi pencapaian baru bagi OneWeb, dan kami ingin segera memperluas jangkauan global OneWeb tahun ini.”

Kemitraan tersebut akan berdampak positif pada ekonomi luar angkasa di Asia Tenggara, dan, lebih penting lagi, membantu masyarakat terpencil mengakses konektivitas internet sekaligus meningkatkan kehidupan sehari-harinya. mu Space dan OneWeb gembira bekerja sama dan meningkatkan kehidupan masyarakat lewat teknologi.

Tentang mu Space

mu Space adalah perusahaan kedirgantaraan dan penyedia jasa internet satelit di Asia Tenggara. Dengan membangun rantai pasok inklusif untuk produk dan komponen kedirgantaraan, mu Space meningkatkan inovasi di sektor ini. Tujuannya, menginspirasi berbagai orang agar membuat terobosan dan terlibat dalam ekosistem ini. muSpace mengembangkan dan membuat platform satelit yang berfokus pada segmen satelit berukuran kecil dengan teknologi mutakhir. mu Space juga menawarkan solusi pengembangan satelit berkinerja tinggi dan komprehensif, serta akses konektivitas satelit internet yang andal. mu Space ingin menjadi perusahaan kedirgantaraan yang terintegrasi secara vertikal dan menawarkan layanan lengkap, serta didukung pabrik inovatif. Dengan demikian, mu Space dapat menawarkan produk dan layanan sekaligus menghindari biaya tambahan yang terkait dengan rantai pasok.

Baca Juga :  Andrea Pirlo Resmi Menjadi Pelatih Utama Juventus

Tentang OneWeb

OneWeb adalah jaringan komunikasi global yang didukung fasilitas di luar angkasa. OneWeb berkantor pusat di London. Lebih lagi, OneWeb mewujudkan konektivitas bagi pemerintah, perusahaan, dan masyarakat. OneWeb memanfaatkan konstelasi satelit Orbit Bumi Rendah dengan jaringan gateway station berskala global, serta berbagai jenis terminal pengguna. Lewat fasilitas tersebut, OneWay menyediakan layanan komunikasi yang terjangkau, memiliki pita lebar yang besar, serta latensi rendah, terhubung dengan masa depan IoT, serta menjadi jalur menuju 5G bagi setiap orang dan di setiap lokasi@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

iStyle.id Hadirkan Kemeriahan Festival Musik Terbesar Korea KCON 2023

Rab Mar 22 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Platform belanja produk Korea, iStyle.id, berhasil menyelenggarakan festival musik KCON 2023 melalui layanan livestream pada tanggal 18-19 Maret 2023 lalu. Acara ini merupakan rangkaian konser musik Kpop terbesar di dunia yang digelar di Thailand dan diikuti oleh ribuan penggemar Kpop dari seluruh dunia. KCON sendiri […]