Kerja Sambil Merintis Jadi Enterpreneur, Begini Caranya

Editor Ilustrasi. /image courtesy pexels
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Banyak orang yang bercita-cita menjadi enterpreneur, yaitu orang yang memiliki dan menjalankan bisnis sendiri. Namun, tidak semua orang berani atau mampu langsung melepaskan pekerjaan mereka sebagai karyawan untuk mengejar impian tersebut. Apakah itu berarti mereka harus menunda atau mengubur mimpi mereka? Tentu tidak. Ada cara untuk tetap bekerja sebagai karyawan sambil merintis usaha sendiri.

Salah satu contoh sukses adalah Kevin Systrom, pendiri Instagram. Ia memulai bisnisnya ketika masih bekerja di perusahaan lain. Ia menghabiskan waktu luangnya untuk mengembangkan aplikasi foto yang kemudian menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia. Bagaimana ia bisa melakukannya? Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti oleh calon enterpreneur yang masih bekerja¹²³:

  • Cintai pekerjaan dan bisnis Anda

Jangan anggap pekerjaan Anda sebagai beban atau penghalang untuk merintis bisnis. Jadikanlah pekerjaan Anda sebagai sumber pengalaman, pengetahuan, dan pendapatan yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Sebaliknya, jangan anggap bisnis Anda sebagai hobi atau sampingan yang bisa Anda abaikan. Jadikanlah bisnis Anda sebagai passion dan tujuan yang bisa Anda capai dengan kerja keras dan kreativitas.

  • Atur waktu dengan baik

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan dua hal sekaligus adalah manajemen waktu. Anda harus bisa membagi waktu Anda antara pekerjaan, bisnis, dan kehidupan pribadi. Buatlah jadwal yang jelas dan realistis untuk setiap aktivitas Anda. Prioritaskan hal-hal yang penting dan mendesak. Hindari prokrastinasi dan distraksi. Gunakan waktu luang Anda dengan produktif, misalnya dengan belajar, riset, atau networking.

  • Bangun tim yang solid

Anda tidak bisa mengandalkan diri Anda sendiri untuk mengurus semua aspek bisnis Anda. Anda perlu bantuan dari orang-orang yang kompeten dan terpercaya. Carilah mitra, karyawan, atau freelancer yang bisa membantu Anda mengerjakan hal-hal yang Anda tidak bisa atau tidak sempat lakukan. Berikan mereka tanggung jawab, arahan, dan insentif yang jelas. Jalin komunikasi yang baik dan terbuka dengan mereka.

  • Jujur dan profesional
Baca Juga :  Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV/Kodim Batang Sambangi Para Warakawuri

ika Anda masih bekerja di perusahaan lain, sebaiknya Anda jujur dengan atasan dan rekan kerja Anda tentang bisnis Anda. Pastikan bahwa bisnis Anda tidak bertentangan atau bersaing dengan perusahaan Anda. Patuhi peraturan dan etika kerja yang berlaku. Jangan gunakan fasilitas, sumber daya, atau waktu kerja perusahaan untuk kepentingan bisnis Anda. Berikan kinerja yang terbaik untuk perusahaan Anda, sekaligus untuk bisnis Anda.

Dengan tips-tips di atas, Anda bisa menjalankan pekerjaan dan bisnis Anda secara seimbang dan harmonis. Anda bisa mendapatkan penghasilan tetap dari pekerjaan Anda, sekaligus mengembangkan potensi dan peluang dari bisnis Anda.

Anda bisa belajar dari pengalaman dan kesuksesan orang-orang yang sudah melakukannya, seperti Kevin Systrom. Anda bisa menjadi enterpreneur yang sukses, tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda. Semangat!

@yuli dwiyanti

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TKN Prabowo - Gibran Paparkan Kesuksesan Makan Siang Gratis untuk Siswa di India dan Sudan

Sel Des 12 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memaparkan kesuksesan program makan siang gratis untuk siswa di India dan Sudan. Program ini adalah inspirasi untuk diadaptasi oleh paslon itu apabila terpilih. Sebelumnya TKN Prabowo-Gibran juga telah memaparkan […]