Ketua PP Muhammadiyah Prof. Haedar Resmikan RSMBS di Kampung Halaman Sendiri

Editor Peresmian RSMBS di Jalan Raya Laswi, Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (3/11/2022). /visi.news/gustav viktor rizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir meresmikan Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Selatan (RSMBS) di Jalan Raya Laswi, Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (3/11/2022). Desa Ciheulang merupakan kampung halaman pemimpin ormas Islam terbesar kedua di Indonesia itu.

Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Presiden ke 10 & 12 HM Jusuf Kalla, Pimpinan Pusat Aisyiah Hj Siti Noordjanah Djohantini, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Danjen Koppasus Mayjen TNI Iwan Setiawan, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna dan undangan lainnya.

“Diresmikannya ini merupakan awal kebangkitan persatuan dan kesatuan umat. Alhamdulillah, semoga dengan keberadaan rumah sakit ini juga bisa membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kawasan Bandung Selatan,” ujar Prof. Haedar.

Sementara Direktur RSMBS, dr. Ade Lesmana mengungkapkan syukur atas diresmikannya rumah sakit ini. Dia menjelaskan bahwa RSMBS merupakan tipe D, dan pendiriannya diinisiasi oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. Keberadaan rumah sakit ini bisa membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kawasan Bandung Selatan.

Dokter alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini menambahkan, bahwa setelah dilakukan peresmian pada akhir tahun 2022 ini ditargetkan ijin operasional akan turun pada Januari 2023. Selain itu, peresmian nanti juga akan menghadirkan beberapa stakeholder yang ditargetkan akan menjadi partner rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Setelah peresmian gedung ini tentu kita bersiap untuk ijin rumah sakitnya keluar. Ditargetkan pada tahun 2023 kami sudah bisa melayani masyarakat,” ungkapnya.

Rumah sakit ini berdiri di atas lahan 1,1 hektar ini dibangun dengan konsep atau arsitektur modern dan ramah lingkungan, bangunan setinggi 4 lantai ini nantinya memiliki 21 kamar rawat, masjid dua lantai dan berbagai layanan umum dan spesialis dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga operasi.

Baca Juga :  TAUSIAH: 40 Kata-kata Islami Tentang Ujian Hidup (2)

Pembangunan gedung rumah sakit ini juga relatif singkat. Sebab dibangun pada akhir Januari 2022 dan sudah diresmikan pada November 2022, atau pembangunan kurang lebih memakan waktu 10 bulan saja. dr. Ade Lesmana berharap, setelah peresmian ini akan segera disusul turunnya izin operasional, sehingga bisa segera memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Momen Menjaga Persatuan

Sementara  mantan Wapres ke-10 & 12 Dr. (H.C.) Drs. H.Muhammad Jusuf Kalla menyampaikan ucapan selamat atas diresmikan RSMBS dan mesjid tersebut.

“Pertama tama saya menghaturkan selamat dan sukses atas bangunan RSMBS dan mesjid ini. Perjuangan luar biasa dari Muhammadiyah yang cepat selesainya hanya dalam waktu 9 bulan, dan maju dalam dakwahnya. Alhamdulillah berkat semua pihak yang terlibat, disamping kita beramal sosial, ekonomi umat harus naik karena dalam era seperti ini kita harus bersatu, bersama sama dalam membangun bangsa dan negara,” tuturnya.

Ia menambahkan jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah itu luar biasa.”Dalam pandangan saya, percaya bahwa rumah sakit diluar pemerintah itu yang paling luas jaringannya justru Muhammadiyah dengan fasilitasnya, mampu bersaing dengan rumah sakit negara. Rumah sakit sekarang paling dibutuhkan karena penduduk Indonesia makin banyak juga. Jaman Pak Harto jumlah penduduk 150 juta jiwa sekarang 280 juta jiwa, banyak yang berobat. Kalau dulu masyarakat percaya dukun sekarang sudah turun pamornya dukun itu,” imbuh mantan Wakil Presiden era SBY dan Jokowi.

Sementara Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menungkapkan agar maayarakat jangan sampai terpecah belah oleh pihak manapun, bahu membahu untuk menjaga kesatuan dan persatuan.

“Pak Haedar ini sangat peduli dengan pembangunan pendidikan dan kesehatan. Terkenal dengan perjuangannya selama ini bersama Muhammadiyah. Selain itu, beliau melahirkan kampus cyber dengan tidak memandang suku dan ras di Kupang NTT. Kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi untuk pembangunan rumah sakit dan mesjid, terus lanjutkan seperti ini untuk menjadi amal jariyah seperti yang dikutip dari Hadist Imam Ahmad, ‘Sebaik Baik nya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia’. Modal kita untuk mewujudkan Indonesia Maju dari sini,” pungkas Kapolri.@gustav

Baca Juga :  Apa Itu AI Chatbot? Mengapa Chatbots Penting untuk Bisnis Anda?

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

RSMBS Disambut Warga Sekitar, H. Djujun Junaedi, "Alhamdulillah, Prof. Haedar tidak lupa kampung halamannya"

Kam Nov 3 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Tokoh Masyarakat Ciheulang Kecamatan Ciparay H. Djujun Junaedi menyambut baik adanya rumah sakit baru di wilayahnya. Saat ditemui di kediamannya di Ciheulang Kafe Eagle, Kamis, (3/11/2022), ia menuturkan dengan adanya Fasilitas Kesehatan(Faskes) ini bisa membuat masyarakat Kabupaten Bandung terbantu. “Alhamdulillah, sebetulnya saya juga memang menginkan […]