KGPAA Mangkunegoro IX Pemegang Tahta Pura Mangkunegaran Wafat

Editor KGPAA Mangkunegoro IX, pemegang tahta Istana Pura Mangkunegaran yang wafat pada Jumat dinihari/visi.news/dok. mn
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Penguasa Istana Pura Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkoenagoro IX atau lebih dikenal dengan Mangkoenagoro IX, wafat di Jakarta, pada Jumat (13/8/2021) pukul 02.50 dini hari.

Pemegang tahta Istana Kadipaten Pura Mangkunegaran yang lahir di Kota Solo pada 18 Agustus 1951 dan semasa mudanya bernama Gusti Pangeran Haryo Sudjiwo Kusumo, tutup usia tepat 70 tahun pekan depan.

Tokoh masyarakat Kota Solo, Sumartono Hadinoto, mengutip penjelasan kalangan Istana Pura Mangkunegaran, menginformasikan kepada awak media, jenazah almarhum KGPAA Mangkunegoro IX diberangkatkan dari Jakarta pada Jumat (13//8/2021) pukul 07.00 pagi melalui jalan darat. Jenazah diperkirakan tiba di Pura Mangkunegaran sekira pukul 11. 30 menjelang tengah hari.

“Rencananya, jenazah almarhum akan disemayamkan di Istana Mangkunegaran semalam. Pemakaman akan dilaksanakan Sabtu (14/8/2021) di pemakaman keluarga Pura Mangkunegaran, Astana Girilayu Kabupaten Karanganyar,” katanya.

Almarhum KGPAA Mangkunegoro IX, merupakan putra lelaki kedua dari pasangan KGPAA Mangkunagoro VIII dengan Raden Ajeng Sunituti atau Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro VIII.

Dari pernikahannya yang pertama dengan Sukmawati Soekarnoputri, KGPAA Mangkunagoro IX mendapatkan seorang anak, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Kemudian dari perkawinan kedua dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunagoro, almarhum mendapatkan 3 orang putera, yakni GRA Putri Agung Suniwati, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dan GRA Ancillasura Sudjiwo.

Almarhum Mangkunagoro IX sering disebut sebagai raja masa kini di era modern yang peduli dengan perkembangan seni dan budaya.

Kepeduliannya antara lain dengan menempatkan kesenian, khususnya seni tari yang mengikuti perkembangan zaman.

Semasa hidupnya, almarhum Mangkunagoro IX juga menampilkan Pura Mangkunegaran sebagai pusat budaya Jawa.

Baca Juga :  Shin Tae Yong Keluhkan Wasit Usai Indonesia Dihajar Vietnam

Para pengunjung Istana Pura Mangkunegaran selalu mendapat suguhan kesenian khas Mangkunegaran, seperti tari, wayang kulit, dan fragmen.@tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PAN Bisa Melayani Masyarakat dengan Maksimal

Jum Agu 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dengan membentuk DPC Partai Amanat Nasional (PAN) di 31 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung, diharapkan pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal. Begitu juga dengan penguatan suara di tahun 2024 nanti. PAN merupakan salah satu partai politik terbesar di Indonesia, untuk menjaga eksistensinya dan kredibilitasnya itu, semua anggota solid […]