KH Maruf Amin: Puasa Ramadan Harus Hasilkan Ketakwaan

Editor Wapres KH Maruf Amin./via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Terkait bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah. Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin mengingatkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan yang muaranya menghasilkan ketakwaan.

Menurutnya, ibadah puasa di bulan Ramadan bukan hanya untuk menahan aktivitas makan, minum, dan hubungan seksual. Tetapi bisa mengendalikan dirinya untuk menjadi orang yang bertakwa.

“Saya mengharapkan bulan Ramadan kali ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan kita, tumbuhnya solidaritas bangsa, serta kita bisa keluar dari pandemi,” kata Kiai Maruf Amin pada kegiatan Syiar Islam dan Tarhib Ramadhan 1443 H yang digelar oleh MUI, Kamis (31/3/2022), dilansir dari laman resmi MUI pusat.

Kiai Maruf, sapaannya, mengatakan, tujuan berpuasa untuk membentuk orang yang bertakwa sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Kiai Maruf menjelaskan, menurut para ulama, ketakwaan itu adalah kepatuhan terhadap perintah-perintah Allah, baik dalam melaksanakan perintah-Nya, maupun menjauhi segala larangan-Nya.

Sebab, kata Kiai Maruf, apabila berpuasa tidak menghasilkan ketakwaan, hanya akan mengalami lapar dan dahaga. Wapres mengingatkan, orang yang paling mulia di sisi Allah hanyalah orang yang bertakwa, bukan karena keturunan, ras, suku bangsa, harta maupun jabatan.

“Karena apa? Karena memang ras, dan keturunan itu hanya melekat sejak lahir, bukan karena upaya dia untuk menjadi orang baik,” tegasnya. @fen

Baca Juga :  Kemenag Akan Putuskan Nasib Ibadah Haji 2021 Bersama DPR

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pertemuan Pertama TIIWG di Solo, Babak Baru Kolaborasi G20

Sab Apr 2 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOLO – Pertemuan Pertama Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Solo, Jawa Tengah pada 29-31 Maret 2022 telah usai digelar. Para delegasi bertemum berdiskusi dan berbagi pemikiran tentang peran industri, investasi dan perdagangan sebagai kekuatan utama untuk mencapai pemulihan ekonomi global. Pertemuan tersebut merupakan […]