KHOTBAH JUMAT: Bekali Hidup dengan Ilmu agar Tidak Tersesat

Editor Ilustrasi masjid./net/ist.
Silahkan bagikan

Oleh F. Syarifuddin C.

VISI.NEWS – Firman Allah: “Danjanganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentang hal tersebut. Sesungguhnya penglihatan, pendengaran dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawabannya.” (Alquran Surat Al Isra: 36)

Orang bijak bilang bahwa hidup di dunia ini ibarat menempuh hutan rimba. Di dalamnya akan ditemui berbagai bahaya yang mengancam.

Selain itu, hidup juga ibarat kita menempuh kegelapan malam yang tidak diketahui bagaimana kondisi medannya.

Tak ayal lagi jika kita butuh ilmu, pengetahuan, penerangan, agar bisa selamat ketika menempuh rimba kehidupan dunia atau kegelapan.

Untuk itulah Allah SWT menurunkan Islam kepada para nabi dan rasul, agar umat manusia tidak tersesat, agar tidak diterkam hewan buas di hutan, atau terantuk benda membahayakan di kegelapan malam.

Tak heran jika setiap muslim diwajibkan menuntut ilmu, terutama ilmu tentang penerang kehidupan yang dalam hal ini adalah agama Islam.

Dengan ilmu agama Islam yang telah sempurna, yang dibawa para nabi dan rasul sejak Nabi Adam a.s. hingga Nabi Muhammad saw., maka akan terbukalah mana ancaman yang membahayakan, mana yang akan menyelamatkan. Artinya, kita tidak akan tersesat atau akan selamat baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Tentu saja ilmu akan bermanfaat jika diamalkan. Sebab, walaupun punya imu, tahu tuntunan agama, tetapi tidak diamalkan, jelas akan celaka atau akan tersesat.

Inilah yang tidak dikehendaki bagi setiap muslim. Sebab, seperti pada ayat Alquran di atas cukup gamblang diterangkan bahwa kita hidup harus berpedoman kepada ilmu (tuntunan agama) agar tidak tersesat.

Kalau sudah berilmu, tetapi tidak diamalkan, jangan menyesal menerima akibatnya baik di dunia maupun di akhirat. Sebab, segala sesuatu yang kita kerjakan di dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban, entah itu apa yang kita lihat, yang kita dengar, dan apa yang terlintas dalam bisikan hati sekalipun.

Baca Juga :  Pejabat yang Menghitamkan Plat Merah jadi Hitam, Perbuatan tidak Bermartabat

Barakallaahu lii walakum. Aamiin. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ace Hasan: Masyarakat Makin Jenuh Pandemi, Kepala Satgas Covid-19 Diminta Lakukan Terobosan Kebijakan

Jum Jan 15 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kepala Satgas Covid-19 harus memiliki terobosan kebijakan di tengah masyarakat yang semakin jenuh dengan pandemi Covid-19 sehingga mereka mengabaikan protokol Covid-19. Trend kasus Covid-19 bukan semakin menurun, malah semakin tinggi. Tingkat kematian akibat Covid-19 semakin hari semakin bertambah. Demikian diungkapkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace […]