KHUTBAH JUMAT: Tak Ada Kesulitan Amalkan Ajaran Islam

Editor :
Ilustrasi./net.

Silahkan bagikan

ALLAH Azza wa Jalla tidak akan membebankan sesuatu yang manusia tidak mampu melaksanakannya.
Allah berfirman:

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah menghendaki kalian kemudahan dan tidak menghendaki kesulitan,” (QS Al-Baqarah (2) : 185).

Allah berfirman pula:

وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهۗ هُوَ اجْتَبٰىكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍۗ مِلَّةَ اَبِيْكُمْ اِبْرٰهِيْمَۗ هُوَ سَمّٰىكُمُ الْمُسْلِمِيْنَ ەۙ مِنْ قَبْلُ وَفِيْ هٰذَا لِيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ شَهِيْدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِۖ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاعْتَصِمُوْا بِاللّٰهِ ۗهُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

“Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Alquran) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah salat; tunaikanlah zakat, dan berpegang-teguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.” (QS Al-Hajj : 78)

Imam Ibnu Katsir رحمه الله berkata, “Allah tidak membebani kalian melainkan sebatas kemampuan. Tiada sesuatu yang dibebankan kepada kalian kemudian kalian merasa berat atasnya, melainkan Allah sediakan jalan keluarnya.” (Tafsir Ibnu Katsir)

Allah memerintahkan hambaNya untuk berjihad di jalan-Nya dengan jihad yang ikhlas karena mengharap rida-Nya. Dia memilih hambaNya dan menjadikan agama mereka sebagai agama yang mudah, tidak ada kesukaran dan pemaksaan di dalamnya.

Agama yang mudah ini adalah agama nenek moyang mereka, Ibrahim عليه السلام-د, dan Allah telah menamai mereka dalam kitab-kitab terdahulu dan dalam Alquran sebagai orang-orang muslim, agar rasul menjadi saksi atas mereka bahwa ia telah menyampaikan pada mereka apa yang diperintahkan padanya untuk disampaikan, dan agar mereka menjadi saksi atas segenap umat-umat terdahulu bahwa rasul-rasul mereka telah menyampaikan wahyu Allah tersebut.

Baca Juga :  Pemkot Bandung Dukung Pemasaran Kerajinan Wayang Golek Cupumanik

Maka, hendaklah mereka bersyukur kepada Allah atas nikmat itu dengan mendirikan salat secara sempurna, menunaikan zakat hartanya, kembali kepada Allah, dan berpegang teguh kepada-Nya dalam segala urusan, sungguh Dia sebaik-baik pelindung bagi orang-orang mukmin yang dilindungi-Nya, dan sebaik-baik penolong bagi orang-orang mukmin yang ditolong-Nya.

Maka, hendaklah mereka meminta perlindungan dan pertolongan kepada-Nya niscaya Dia pasti melindungi dan menolong mereka.

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda,

إِنَّ الدِّيْنَ يُسْرٌ وَلَنْ يُشَادَّ الدِّيْنَ إِلاَّ غَلَبَهُ، فَسَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا، وَأَبْشِرُوْا، وَاسْتَعِيْنُوْا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَيْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ.

“Sesungguhnya agama (Islam) itu mudah. Tidaklah seseorang mempersulit (berlebih-lebihan) dalam agamanya kecuali akan terkalahkan (tidak dapat melaksanakannya dengan sempurna). Oleh karena itu, berlaku luruslah, sederhana (tidak melampaui batas), dan bergembiralah (karena memperoleh pahala) serta memohon pertolongan (kepada Allah) dengan ibadah pada waktu pagi, petang, dan sebagian malam.” (HR Bukhori, 39)

Setelah kemudahan ini, maka tidak perlu mengambil jalan lain yang sulit dan tidak berujung.

Allah menurunkan Alquran untuk membimbing manusia kepada kemudahan, keselamatan, kebahagiaan dan tidak membuat manusia celaka, sebagaimana firman Allah :

مَا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَىٰ إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَن يَخْشَىٰ تَنزِيلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْأَرْضَ وَالسَّمَاوَاتِ الْعُلَى

“Kami tidak menurunkan Alquran ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah; melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah), diturunkan dari (Allah) yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi.” (QS Thaahaa: 2-4). @fen/sumber: laman para pecinta sunnah/abu yusuf masruhin sahal, lc

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menag Harap Protokol Kesehatan Jemaah Umrah Segera Terbit

Kam Sep 10 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan sedang melakukan pembahasan pedoman protokol kesehatan bagi jemaah umrah dan haji. Menag Fachrul Razi berharap pedoman tersebut bisa segera terbit. “Pedoman ini diharapkan dapat diterbitkan dalam waktu dekat,” ujar Menag saat Raker dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (8/9) lalu seperti […]