Kick Off DD Farm Sentra Padi, Bukti Kekuatan Zakat Produktif Bangkitkan Agrobisnis

Editor Dompet Dhuafa (DD) gelar kegiatan kick off DD Farm Sentra Padi di Subang, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022). /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SUBANG –  Siang yang cerah, Dompet Dhuafa (DD) gelar kegiatan kick off DD Farm Sentra Padi di Subang, kegiatan ini sebagai rangkaian DD dalam melaksanakan Program Ketahanan Pangan 1.000 hektar lahan padi setelah pandemi Covid-19 yg berjalan hampir tahun ke-3 melanda negeri kita.

Menurut Yayat Supriyatna, selaku Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika, dalam keterangannya, Kamis (27/1/2022),  mengatakan, kgiatan Kick off DD Farm Sentra Padi di Subang sebagai bagian Dompet Dhuafa turut mengembangkan potensi pertanian, peternakan hingga perikanan yang mempunyai potensi di wilayah tersebut. “Sebagai contoh hari ini tidak hanya kita mendorong ekonomi pertanian tetapi juga mendorong sektor peternakan melalui ternak unggas bebek hingga sentra bibit ikan mas di Desa Jabong, Pagaden, Subang, Jawa Barat,” ujarnya.

Pada sela-sela pemaparannya Yayat mengatakan, “Bukan hanya pemberdayaan ekonomi sebagai pondasi, Dompet Dhuafa menambahkan dengan bidang program sosial dan dakwah. Diharapkan dengan adanya program tersebut, kita dukung dan menempatkan para dai dalam turut serta membimbing masyarakat dalam kehidupan beragama”.

“Dengan adanya DD Farm sebagai sentra padi di Subang sebagai tahap awal di luas 60 Ha (Hektar) yang dikelola oleh P3A (Perkumpulan Petani Pengguna Air) Tani Mukti yang terdiri dari 3 Kelompok Tani (Poktan): Rawa Buah, Tegal Tengah dan Tani Subur II., sehingga diharapkan dapat membantu perekonomian 80 KK atau 400 jiwa keluarga tani. Selanjutnya kami targetkan dapat memberikan bantuan dan pendampingan untuk para petani yang menggarap lahan sawah seluas 150 hektare di sini,” tambah Yayat.

Di lokasi yang bersama, Doni Marlan selaku Direktur Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Dompet Dhuafa menyampaikan, “DD hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai upaya meningkatkan kapasitas ekonomi keluarga petani mulai dari produksi panen hingga penjualan. DD memberikan interversi dalam bentuk program pemberdayaan bukan bantuan langsung. Sentra Padi bukti nyata komitmen kami dalam memberikan bantuan kepada petani baik berupa pendampingan hingga membantu pemasaran”.

Baca Juga :  Eksekusi Jaminan Fidusia Harus Perhatikan Aspek Hukum

Hal senada juga di sampaikan oleh Prima Hadi Putra selaku Direktur Business Operation Support Dompet Dhuafa, “Dengan kehadiran DD di lokasi ini, kami berharap adanya kenaikan taraf hidup masyarakat. Kalau hari ini mereka termasuk golongan mustahik dan penerima bantuan zakat produktif maka suatu hari esok mereka bisa menjadi pembayar zakat. Minimal target penghasilan mereka setara dengan UMP”.

Pada akhir acara, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mukti Desa Jabong, Dedi Kirman mengatakan,”Alhamdulillah dengan kehadiran DD Farm di tengah-tengah kami, dapat memberikan dorongan semangat kepada anggota tani dalam meningkatkan kualitas ekonomi keluarga. Selain itu kami membutuhkan pendampingan sebagai bentuk kontrol dan mengarahkan kemapuan para tani agar lebih maju dan modern”.@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MMORPG "Dark Eden M on WEMIX" yang Didukung "Blockchain" Membuka Tahap Praregistrasi di Google Play Store

Kam Jan 27 , 2022
Silahkan bagikan Segera bergabung dengan pemain-pemain gim untuk menikmati “gameplay” luar biasa dengan teknologi baru VISI.NEWS | SEOUL – Proyek terbaru dari pengembang dan penerbit gim asal Korea Selatan, Wemade Connect, “Dark Eden M on WEMIX” yang bergenre mobile MMORPG, telah membuka tahap praregistrasi di Google Play Store. Dengan realm […]