Kisah Affania, dari Kesulitan Mencari Sepasang Sepatu Sampai Bisa Membuka Bisnis Sepatu

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Sepatu, merupakan salah satu pelengkap yang dapat menunjang penampilan seseorang dan di saat yang sama juga memiliki fungsi penting sebagai alas kaki. Lalu, apakah saat berbelanja sepatu, seseorang harus memilih antara fungsi yang menjawab kebutuhan atau estetika yang dapat meningkatkan gaya fashionnya?

VAIA, brand lokal milik Affania Fariza Balqis yang telah didirikan sejak 2017, menjadi jawaban bagi banyak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan sepatu dengan desain elegan, kualitas unggul serta nyaman saat digunakan. Dalam rangkaian kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang akan berlangsung hingga 3 Maret nanti, VAIA berbagi kisah perjalanannya dalam memasuki industri fashion lokal dan bagaimana peran Shopee mendorong VAIA untuk terus berkembang dengan berbagai program dan fitur yang menguntungkan bagi seluruh pengguna, baik penjual maupun pembeli.

Langkah Awal Perjalanan VAIA: ‘Keinginan Mengubah Situasi’

Menjadi seorang ibu dan wanita karir, Affania memiliki keinginan untuk dapat tetap menjaga penampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak pernah terpikirkan olehnya, berangkat dari kesulitan yang kerap ia temui saat mencari sepasang sepatu ternyata mendorong lahirnya ide bisnis untuk ia mulai berkarya.

Affania Fariza Balqis, pemilik VAIA mengatakan, “Sejak dulu, dunia fashion sudah menarik perhatian ku. Memenuhi peran dan menjalankan keseharian, baik sebagai seorang ibu, wanita karir, mahasiswa dan ataupun peran-peran lainnya, kenyamanan selalu menjadi prioritas utama. Sehingga aku tahu, bahwa aku tidak sendiri dalam menghadapi tantangan untuk mendapatkan kenyamanan serta estetika sekaligus dalam sepasang sepatu. Sehingga di tahun 2017 pun, tekad ku semakin bulat untuk mengubah situasi tersebut dan menghadirkan solusi. Bagi aku sepasang sepatu tidak hanya dapat mengantarkan ke tempat tertentu, tetapi juga menjadi salah satu penopang dalam setiap kegiatan. Akhirnya VAIA pun dilahirkan, sebuah merek sepatu yang menggabungkan antara desain menarik dan kenyamanan untuk menemani seluruh individu dalam menjalankan perannya masing-masing di berbagai momentum.”

Baca Juga :  Pepep: PPP Targetkan 9 Kursi di DPRD Jabar

Tidak berhenti disitu, dengan kehadiran VAIA juga membuka lapangan pekerjaan bagi pengrajin hingga memanfaatkan bahan baku yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Berawal dari 2 orang pekerja di balik tim produksi, saat ini VAIA berhasil membangun fabrikasi sendiri dengan menggunakan beberapa enhancement bahan baku yang 100% di produksi di Indonesia dan telah mempekerjakan sekitar 60 pekerja.

Kegigihan serta kerjasama dari tim VAIA berhasil melahirkan produk-produk yang saat ini menjadi pilihan favorit bagi wanita Indonesia. Affania berbagi 3 poin utama yang menjadikan VAIA berbeda yaitu;

Comfort, bagaimana produk VAIA berhasil mengkombinasikan gaya dan kenyamanan dalam setiap pasang sepatu quality craftsmanship and material, setiap produk VAIA dibuat dengan craftmanship yang teliti serta menggunakan material terbaik di kelasnya.

Timeless elegance, VAIA memastikan bahwa setiap desain yang dibuat memberikan sensasi elegan kepada pengguna-nya, VAIA Lady.

Berjalan Berdampingan Kembangkan Potensi bersama Shopee

“Pada kuartal 4 di tahun 2020, merupakan momen dimana kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee. Tahun yang sangat menantang bagi para pelaku usaha, termasuk VAIA. Sulit membayangkan, untuk berjualan sepatu di saat semua pihak sedang melakukan pembatasan. Salah satu adaptasi yang dapat kami lakukan dalam penjualan dan pemasaran adalah bergabung dengan Shopee. Saat itu, Shopee tidak hanya diminati masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga menjadi salah satu strategi yang sangat membantu bagi para pengusaha untuk tetap menjalankan bisnis. Setelah 2 hingga 3 bulan setelah bergabung, perlahan kami bangkit, khususnya dengan hadirnya kampanye angka kembar dan lebaran yang bisa meningkatkan penjualan VAIA hingga 80% dari sebelumnya,” lanjut Affania.

Bagi VAIA, hadirnya Shopee memudahkan pelaku usaha untuk beradaptasi melalui kampanye, fitur hingga program. Hal-hal lainnya yang dapat dioptimalkan antara lain bundling, Shopee Live, Shopee Ads, Affiliate hingga gratis ongkir menjadi beberapa dari banyak aspek yang membantu perkembangan bisnis VAIA hingga saat ini. “Layaknya tren sepatu yang terus bergerak, kami pun terus belajar untuk memahami kemajuan teknologi dan perputaran tren belanja online. Senang sekali VAIA dapat berjalan berdampingan dengan Shopee yang telah menemani langkah kami di tengah era digital yang terus berkembang. Sama seperti visi dan misi VAIA untuk memberikan kenyamanan dan gaya dari sepasang sepatu, poin ini juga menjadi pilar dalam menjaga keberlangsungan bisnis,” tambah Affania.

Baca Juga :  REFLEKSI | Mungpung Masih Ada Waktu

Setelah situasi mulai bangkit pasca pandemi, VAIA tetap gigih dalam memberikan pengalaman belanja yang baru bagi konsumen. Hal ini VAIA lakukan antara lain melalui;

Bangun Kedekatan dengan Fitur Interaktif

Affania sadar bahwa kemajuan teknologi juga ikut berperan dalam gaya belanja online konsumen yang dinamis. Melalui sesi live streaming di Shopee Live, VAIA kerap memanfaatkan interaksi secara langsung untuk semakin meningkatkan daya tarik konsumen dan memberikan informasi produk yang lebih jelas. Hal ini pun membawa pengaruh signifikan, khususnya dalam meningkatkan penjualan dan eksposur hingga adanya pembeli baru.

Garansi Bebas Pengembalian

Berjualan sepatu melalui ranah digital, bukanlah hal yang mudah. Dengan perbedaan bentuk kaki hingga jenis masing-masing sepatu, kerap membuat konsumen ragu dan ingin melihat secara langsung. Berangkat dari hal ini, VAIA pun melihat potensi baik dari program garansi bebas pengembalian. “Pada awal tahun 2024, kami sudah bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian. Sebagai penjual, kami merasa program ini bisa memberikan experience baru terhadap konsumen kami. Para konsumen kami yang awalnya mungkin masih ragu-ragu, sekarang dapat dengan mudah berbelanja di toko kami tanpa perlu takut jika barang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Program ini tentunya sangat berguna karena bisa turut membantu mendorong peningkatan pesanan, terutama dari konsumen-konsumen yang masih takut berbelanja online. Sehingga, program ini juga bisa membantu kami dalam hal customer acquisition. Selama kurang lebih 2 bulan ini bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian, belum ada pembeli yang melakukan pengembalian produk, karena memang kami memberikan data seperti foto dan keterangan yang jelas sesuai dengan fisik produknya, namun kedepannya kami harap program ini juga bisa membantu kami dalam merangkul konsumen VAIA,” tutup Affania.

Baca Juga :  TAUSIAH: Menghindari Permusuhan

Persiapan Ramadan

VAIA selalu berupaya untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk terbaru yang bisa dinikmati oleh konsumennya. Menyambut bulan Ramadan yang akan hadir sebentar lagi, VAIA tengah mempersiapkan koleksi ‘RAYA’ nya. Ketiga koleksi spesial yang akan kami keluarkan memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan peruntukan penggunaannya seperti untuk dipakai casual bersilaturahmi ke sanak saudara, halal-bihalal keluarga, dan lainnya. Tentu warna dan desainnya akan menarik yang disesuaikan juga dengan trend yang berkembang.

Tidak hanya itu, spesial di kampanye 3.3 Grand Fashion Sale kali ini, VAIA juga menyiapkan rangkaian keseruan dan penawaran menarik yang dihadirkan untuk pengguna Shopee melalui kombo hemat dan diskon hingga 25% serta akan restock produk-produk terlaris dalam jumlah terbatas pada periode ini!

Jangan sampai terlewat, ragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk fashion favoritmu di Shopee 3.3 Grand Fashion Sale! Pada puncak kampanye yang berlangsung tanggal 3 Maret nanti, pengguna dapat menikmati Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, Dijamin Diskon 50% dan Checkout Fashion Gratis.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ace Hasan: Hak Angket DPR Ingkari Produk DPR

Sel Feb 27 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menegaskan bahwa Partai Golkar menolak penggunaan hak angket DPR untuk menyelidiki hasil Pemilu 2024 karena tidak relevan dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Mekanisme penyelesaian atas perselisihan hasil Pemilu sudah diatur melalui UU Pemilu untuk […]