Kisah Kuyung, 10 Tahun Menjadi UMKM Binaan FIFGROUP

Editor Kuyung, salah satu pelaku UMKM yang telah 10 tahun menjadi binaan FIFGROUP Cabang Palembang. Kuyung berjualan usaha kuliner berupa pempek dan model, makanan khas Palembang. Hinggal 21 April 2024, Kuyung turut meramaikan Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP - Road to FIFGROUP 35th Localicious yang berlokasi di PTC Mall. /visi.news/ist
Silahkan bagikan
  • FIFGROUP terus dukung pertumbuhan perekonomian Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada UMKM.
  • Kuyung, sudah 10 tahun menjadi UMKM Binaan FIFGROUP.

VISI.NEWS | PALEMBANG -Petang itu, di lapangan depan Palembang Trade Center (PTC) Mall, dengan tas selempang hitam kecil di pundak kiri, Kuyung, seorang penjual pempek yang menjadi salah satu UMKM binaan FIFGROUP, tengah melayani seorang pembeli dengan semangat dan senyum yang santun di acara Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP – Road to FIFGROUP 35th Localicious.

Dengan ramahnya, ia bercerita bahwa sudah lebih dari 10 tahun, Kuyung, menjadi UMKM binaan FIFGROUP. Sedari awal memulai usahanya, pria yang telah memutih rambutnya itu, sudah menjalankan usahanya di halaman depan kantor FIFGROUP Cabang Palembang.

Kuyung menjalankan usaha berjualan pempek dan model, kuliner khas Palembang. Malam itu, ia hanya membawa model isi tahu dan isi telur dengan sambil memotong model untuk pembelinya, ia bercerita bahwa FIFGROUP sungguh telah membantu usahanya dengan luar biasa.

Tidak hanya bantuan usaha dalam bentuk dana maupun juga dalam bentuk gerobak yang layak untuk berjualan. Di antara tenda tenant-tenant lain yang ada di Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP – Road to FIFGROUP 35th Localicious, bisa dilihat betapa sederhananya tenda beliau, namun ia tetap melayani dengan sepenuh hati dan semangat.

Sudah 7 (tujuh) hari berjualan di acara kuliner tahunan itu, rata-rata 40 porsi mampu terjual setiap harinya. “Alhamdulilah.. Bapak bahagia dan bersyukur dengan adanya acara ini. Setiap hari rata-rata bisa terjual 40 porsi dimulai dari siang pukul 13.00 hingga malam pukul 22.00.”
“Terima kasih kepada FIFGROUP untuk setiap bantuan yang diberikan kepada saya, sebagai UMKM binaan. Saya merasa sudah menjadi bagian dari keluarga FIFGROUP, karena sering juga diundang ke acara-acara pribadi dari rekan-rekan karyawan FIFGROUP,” ucapnya dengan diakhiri senyum simpulnya.

Baca Juga :  Massa Buruh Jatim Sebut Khofifah Tak Layak Gubernur 2 Periode

Kuyung juga berterima kasih juga untuk perhatian FIFGROUP kepada binaannya, “Saya pernah diajak untuk bertemu dengan salah satu Direktur FIFGROUP, berjabat tangan dan berfoto bersama,” kisahnya sambil sumringah seakan-akan sedang mengingat kejadian yang terjadi di 2018 kala itu.

Di akhir perbincangan, Kuyung terus berharap semoga beliau bisa terus menjalankan usahanya bersama FIFGROUP dan terus dapat menjalankan amanah dari bantuan sosial yang diberikan kepadanya.

Dorong Geliat Perekonomian Daerah Palembang

Per April 2024, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencatat ada 680 ribu UMKM yang terdaftar oleh Dinas Koperasi dan UKM Sumsel dari sekitar 2,3 juta UMKM di Sumatera Selatan.

Oleh karena itu, event Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP – Road to FIFGROUP 35th Localicious yang berlokasi di Palembang Trade Center (PTC) Mall ini menjadi salah satu kesempatan yang begitu besar bagi UMKM untuk dapat lebih dikenal dan berkembang.
FIFGROUP berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM.

Hal ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution.

Bentuk dukungan terhadap UMKM tersebut dilakukan melalui penyaluran bantuan modal yang berasal dari Dana Sosial Syariah, yang berfokus pada pengembangan UMKM. Pada 2023, sekitar Rp3 miliar disalurkan kepada 734 UMKM di 234 cabang FIFGROUP se-Indonesia.

Sejak 2016 hingga akhir tahun 2023 sebanyak 2.137 UMKM telah menerima manfaat program, dengan dana bantuan usaha yang digulirkan total lebih dari Rp7 miliar di hampir seluruh titik jaringan FIFGROUP se-Indonesia.

Di FIFGROUP Cabang Palembang sendiri terdapat 3 UMKM binaan yang terus didorong pengembangannya oleh perusahaan pembiayaan tersebut. 2 UMKM binaan menjalankan usaha kuliner, salah satunya adalah Kuyung, sedangkan 1 UMKM binaan bergerak di toko kelontong.

Baca Juga :  Caleg DPRD Drs. H. Aep Ahmad Muslim, M.Si., "Ingin membahagiakan anak-anak yatim"

Selain terus berupaya mengembangkan UMKM binaan melalui bantuan dana bergulir dan program pelatihan dan workshop, FIFGROUP juga mendorong UMKMnya untuk terlibat langsung di acara-acara kuliner, baik yang diinisiasi oleh FIFGROUP sendiri atau melalui acara-acara kuliner tingkat daerah.

FIFGROUP yang mengusung jargon Satu Solusi Untuk Semua Kebutuhan Pembiayaan, hadir sebagai sponsor utama dalam gelaran yang akan berlangsung hingga 21 April 2024 tersebut. Melalui acara ini, lebih dari 80 ragam kuliner hadir memeriahkan event tahunan warga Palembang.

Terdapat 4 zona kuliner yang ada Festival Foodies Palembang bersama FIFGROUP – Road to FIFGROUP 35th Localicious, yaitu zona Fighter Room yang menampilkan deretan makan pedas dan gurih, juga ada zona Playful Land yang menghadirkan makanan manis dan dessert yang unik serta menarik.

Kemudian ada zona Ancestor Legacy di mana merupakan zona makanan daerah dan nusantara. Dan yang terakhir adalah zona Treasure Hunter yang menjajakan kuliner viral dan “jadul” (jaman dulu).

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kabur dari Mapolsek Dukuh Pakis, Tahanan Berhasil Ditangkap di Jakarta

Sen Apr 22 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Aksi tahanan yang kabur dari Polsek Dukuh Pakis, Surabaya, saat libur lebaran Jumat (12/4/2024) lalu, akhirnya berakhir. Tim opsnal gabungan Polrestabes Surabaya akhirnya berhasil menemukan keberadaan pelaku. Tahanan yang sempat menghirup udara bebas selama delapan hari itu akhirnya berhasil ditangkap dan kembali harus mendekam di […]