Kisah Para Ketua RW Dibalik Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 

Editor Ketua RW 17, Komplek Bumi Sari Indah, Kelurahan Manggahang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Wawan GSL. /visi.news/bambang melga suprayogi
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BALEENDAH – Kemeriahan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di daerah-daerah tak terlepas dari kiprah Ketua Rukun Warga (RW). Seperti kisah Ketua RW di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung ini.

Wawan GSL, Ketua RW 17, Komplek Bumi Sari Indah, Kelurahan Manggahang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Wawan jauh-jauh hari harus menyiapkan warga untuk  mengikuti peringatan hari besar itu di kompleknya.

“Ya kita harus menyiapkan pelaksanaan upacara bendera merah putih, seusai bekarnaval mengelilingi Komplek Bumi Sari Indah,” ungkapnya, Kamis (18/8/2022).

Dengan khidmat, dan penuh rasa kebangsaan segenap warga yang terdiri dari mulai anak-anak, para ibu-ibu, dan bapak-bapak, sampai manula, berdiri tegap mengikuti upacara bendera dari awal hingga akhir, lapangan taman depan komplek, dengan penuh rasa syukur atas nikmat kemerdekaan bangsa ini, yang genap memasuki usia ke 77 tahun.

Usai upacara bendera, Wawan dan para ketua RT melaksanakan berbagai perlombaan di setiap RT nya. Adapun lomba antar RT yang di koordinir pihak pengurus RW, di meriahkan lomba senam Bedas oleh ibu-ibu di setiap RT-nya, lomba sepak bola anak, karnaval anak, dan berbagai lomba menarik lainnya.

Sebelum acara lomba dimulai, Wawan menyampaikan wejangan yang isinya menghimbau masyarakat Komplek Bumi Sari Indah untuk selalu optimis dan bisa melaksanakan setiap pembangun dengan berkoordinasi pihak kelurahan dan kecamatan. “Sehingga pembangunan di RW 17 dapat terpantau, dan dapat pendampingan program dari anggaran desa / kelurahan,” ungkapnya.

Pembangunan yang sudah di laksanakan di RW 17, kata Wawan,  pengecoran jalan komplek yang melewati 4 RT, sepanjang 130 meter, penyodetan untuk selokan sepanjang 100 meter, yang menembus sawah, dan ladang warga sampai kepada sungai Citarum, kirmir sepanjang 70 meter untuk melancarkan pembuangan air, pemasangan lampu penerangan jalan PJU sebanyak 9 titik, perbaikan toilet kantor RW, pemasangan PDAM kantor RW, pemasangan WIFI untuk masyarakat di kantor RW, pembangunan kirmir di samping dan seputar taman RW, pengecoran tahap kedua untuk 130 meter, di jalan masuk pertama dari samping kantor RW, hingga sampai RT.02, sepanjang 120 meter, pembentukan taman BEDAS, bekerjasama dengan Sektor 6 Citarum harum, pembentukan kelompok tani, pembentukan kelompok ibu-ibu Tani Karisma, pembentukan kelompok perikanan.

Baca Juga :  Jelang Nataru, Kota Bandung Harus Kondusif

Adapun rencana selanjutnya, kata Wawan, sedang mengajukan ke pihak Disperkimtan pengecoran jalan wilayah RT. 01 dan RT.02, kirmir di wilayah RT 01 dan RT 03, pengecoran jalan wilayah RT 04 RT. 05 dan RT. 06, pengecoran jalan wilayah Rt 03 jalur tengah, berikut saluran air tengah, pembuatan kirmir samping Gudang Eka jaya, kirmir saluran tengah Rt 07, pemasangan penerangan tahap dua, pembangunan fasilitas Olahraga di Rt 04 dan rehab pos RW dan taman komplek.

Di depan warganya, pengurus LTN NU Kabupaten Bandung ini, mengucapkan rasa terima kasih kepada Bupati Bandung, Dinas PUPR, Disperkimtan, Camat Baleendah, Lurah Manggahang, dan seluruh warga RW 17 dan serta Sekjen PKB Kabupaten Bandung yang kebetulan hadir di sana.

Di Komplek BBA

Ketua RW-11 Komplek BBA Nurmawan, S.E., (paling kiri, kaos putih) larut berjoget dengan warga di sela-sela kegiatan aneka lomba, Rabu (17/8/2022). /visi.news/ist

Kesibukan menjelang dan saat pelaksanaan HUT ke-77 RI, juga terlihat di RW-11, Komplek Bumi Baleendah Asri (BBA), Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Ketua RW setempat, Nurmawan, S.E., hampir setiap petang hingga malam menyiapkan rapat-rapat dengan para ibu komplek, pengurus RW dan RT serta pengurus Karang Taruna. “Alhamdulillah warga sangat kompak, sehingga setiap jenis kegiatan yang kita rencanakan berjalan baik,” ungkapnya.

Di Komplek BBA, warga dilibatkan dalam berbagai lomba, badminton, tenis meja, tarik tambang dan aneka lomba yang diikuti oleh orang tua hingga anak-anak. “Puncak kegiatan rencananya Sabtu, 20 Agustus 2022, dengan ragam pentas seni dan pembagian hadiah. Hari Minggunya, 21 Agustus 2022, ditutup dengan acara tasyakuran dengan mengundang da’i ternama,” ujarnya.

Baca Juga :  Komnas PA Edukasi Bahaya Zat BPA Melalui Program PAUD

Pada Rabu, 17Agustus kemarin, Ketua RW Nurmawan dan pengurus mengajak warga di sini, berjalan kaki ke puncak bukit Gentong sejauh sejauh kurang lebih 2 km. Di sini warga menyelenggarakan berbagai kegiatan olah raga rekreatif.

Di Desa Sadu, Soreang

Ketua RW 04, Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kab. Bandung Ny. Ade Soleha menjadi inspektur upacara, Rabu (17/8/2022). /visi.news/ist

Kemeriahan HUT RI juga terlihat di Kampung Sadu Kaler RW 04 Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Ketua RW 04 Ny. Ade Soleha bersama warga, perangkat RT/RW dan Karang Taruna dan dihadiri tamu undangan yang merupakan tokoh masyarakat setempat menggelar upacara pengibaran bendera merah putih secara khidmat di lapangan Kampung Sadu Kaler.

Sebagai inspektur upacara Ny. Ade Soleha mengajak warga untuk berpartisipasi dalam aneka kegiatan hari besar tersebut. “Kami mengajak semua warga untuk ikut memeriahkan peringatan HUT ke-77 RI ini dengan meriah,” ujarnya.

Benar saja, saat pelaksanaan kegiatan lomba, warga berbondong-bondong ke lapangan. Ada yang menjadi peserta upacara dengan berbagai kostum mulai pakaian adat sampai yang mengenakan pakaian ala militer dan banyak pula warga yang hanya sekedar menonton kegiatan ini.

Menurut beberapa warga, mereka melaksanakan sendiri kegiatan upacara karena ingin memeriahkan dan menunjukan rasa patriotik warga dan kecintaannya terhadap bangsa dan negara. “Mudah-mudahan tahun depan kita akan menggelar lagi upacara tingkat RW dengan lebih meriah lagi,” ujar Wawan warga setempat.

Setelah selesai upacara pengibaran bendera di RW tersebut dilanjutkan dengan kegiatan lomba lomba hiburan dan lomba tradisional yang dilaksanakan oleh panitia yang mayoritas oleh karang taruna RW 04 Sadu Kaler.@bms/alfa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ahmad : Infrastruktur Yang Bagus Merupakan Penunjang Bangkitnya Ekonomi Masyarakat

Kam Agu 18 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS |BANDUNG – Sejumlah proyek infrastruktur kembali dikebut oleh Pemprov Jabar tahun ini, setelah penanganan pandemi semakin terkendali. Anggaran yang semula dialihkan untuk penanganan pandemi bisa kembali dimaksimalkan sesuai peruntukannya semula di masing-masing bidang, termasuk dalam pembangunan infrastruktur. “Seiring mulai kembali dikebutnya proyek pembangunan infrastruktur ini, pihaknya mengingatkan agar […]