Kisruh Pasar Banjaran, Siapa Pemilik Hak Atas Lahan Pasar?

Editor Tempat Pedagang Berjualan Sementara (TPBS) Pasar Banjaran. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANJARAN – Kisruh Revitalisasi Pasar Banjaran memunculkan pertanyaan, siapa pemilik hak atas tanah pasar tersebut?

Kuasa Hukum PT. Bangun Niaga Perkasa (BNP) Slamet Arifin, S.H. mengungkapkan bahwa berdasarkan Rekapitulasi Kartu Inventaris Barang (KIB), tanah dengan kode lokasi 12.10.01.12.01.01.00 itu milik pemerintah.

Lalu, siapa pemilik kios yg berdiri diatas tanah tersebut?

“Pemerintah juga. Rekapitulasi Kartu Inventaris Barang (KIB) C Gedung dan Bangunan, No Kode Lokasi 12.10.01.12.01.00 menyebutkan hal tersebut, ” jelasnya.

Bukti kepemilikan hak atas tanah dan kepemilikan kios tersebut, katanya lebih lanjut, berdasarkan Sertipikat Hak Pakai No. 1/Desa Banjaran th 1988 dan 5 (lima) SPH.

Lalu pertanyaannya, apakah  pemilik hak atas tanah dan pemilik kios dalam hal ini pemerintah tidak boleh membongkar/merobohkan kiosnya sendiri?

“Para pedagang hanya punya hak pakai atas kios tersebut. Namun, dalam surat pernyataan yang ditandatangani para pedagang/pemakai hak pakai kios dilarang/tidak boleh menjualbelikan, mewariskan, mengalihkan, menjaminkan terhadap kios tersebut,” jelasnya.

Oleh karenanya, Slamet Arifin mengungkapkan bahwa yang melakukan pembongkaran dan pemutusan jaringan listrik adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, bukan PT. Bangun Niaga Perkasa (BNP).

“Barang siapa mendalilkan atas sesuatu, maka dia musti membuktikan dalilnya atas sesuatu tersebut, ” pungkasnya. @mpa

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan di Cibeunying Kaler, Pengendara Motor Tewas

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Teka-Teki Terkuak, MG Motor Indonesia akan Luncurkan Mobil Listrik Terbaru di GIIAS 2023

Kam Jul 13 , 2023
Silahkan bagikan MG akan perluas pilihan kendaraan listriknya di pasar Indonesia di ajang GIIAS 2023 VISI.NEWS | JAKARTA – MG Motor Indonesia dengan bangga mengumumkan partisipasinya dalam ajang Autoshow otomotif GIIAS 2023 yang luar biasa ini. Sebagai perusahaan otomotif yang telah hadir selama hampir 100 tahun, MG Motor Indonesia memiliki komitmen […]