Komentar Ulama-ulama Dunia Mengenai Kembalinya Hagia Sophia Sebagai Masjid (1)

Ilustrasi/reuters/ist.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Kembalinya Hagia Sophia sebagai masjid pada Jumat (10/7/2020) lalu melalui keputusan Dewan Negara Turki, telah mendatangkan berbagai tanggapan. Rakyat muslim Turki menyambut keputusan tersebut dengan gegap gempita.

“Suasana hati rakyat Turki pada saat ini (momen setelah keputusan pengembalian status Hagia Sophia sebagai masjid dikeluarkan) tengah diliputi dengan kegembiraan yang ekstrem,” ujar Dr. Khalid Al-Awaisi, pengajar ilmu Sosial di Universita Ankara, Turki.

Begitupula dengan sebagian besar muslim di seluruh dunia. Banyak yang kemudian mengungkapkan kesukacitaan atas kabar ini, termasuk beberapa ulama dari berbagai negara.

Mufti Besar Oman Sheikh Ahmed bin Hamad Al-Khalili mengucapkan selamat kepada rakyat Turki dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara khusus atas usaha mengembalikan bangunan yang dijadikan wakaf untuk umat Islam oleh penakluk Konstantinopel, Muhammad Al-Fatih ini sebagai tempat rukuk’ dan sujud seluruh muslim.

“Kami memberi selamat kepada diri sendiri dan kepada seluruh umat Islam dan terkhusus kami mengucapkan selamat kepada saudara muslim Turki yang dipimpin oleh pemimpinnya yang berpengalaman, Recep Tayyip Erdogan, atas kembalinya Hagia Sophia sebagai salah satu rumah Allah. Untuk diangkat dan disebutkan nama-Nya di dalamnya, untuk (umat Islam) bertasbih kepada-Nya di sana di pagi dan sore hari,” ungkapnya dalam sebuah unggahan Twitter resmi pada hari Ahad (12/7) lalu.

Sejumlah ulama Malaysia juga menyatakan dukungan atas keputusan pemerintah Turki tersebut.

“Kami menyatakan dukungan penuh Hagia Sophia dikonversi kembali menjadi masjid sesuai dengan keputusan Pengadilan Tinggi Turki,” ujar mereka dalam pernyataan pada hari Ahad sebagaimana dilaporkan oleh Antara News.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ahmad Awang, Ketua Aliansi Masjid Dunia dalam pertahanan Al-Aqsha dan Wira Abdul Gani Samsudin selaku Ketua Sekretariat Majelis Ulama Asia.

Dua Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam terbesar di Indonesia, Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga turut mendukung keputusan ini.

“Keputusan hukum melalui proses pengadilan yang terbuka dan imparsial harus dihormati,” ujar Ketua Pengurus Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas dikutip dari Anadolu Agency, pada Senin(13/7).(bersambung) @fen/hidayatullah.com

Fendy Sy Citrawarga

One thought on “Komentar Ulama-ulama Dunia Mengenai Kembalinya Hagia Sophia Sebagai Masjid (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Workshop Internal Golkar Kab. Bandung, Dadang, Deding, Yoga Tak Hadir

Ming Jul 19 , 2020
Jangan Lupa Bagikan VISI.NEWS – Disharmoni yang pernah terjadi pada proses penjaringan Calon Bupati Bandung dari Partai Golkar harus segera diakhiri dan solid mendukung pasangan yang sudah direkomendasikan DPP Partai Golkar Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser dan Usman Sayogi. “Kontestasi di internal Partai Golkar Kabupaten Bandung sudah berakhir dengan […]