Komisi II DPR Tuntaskan Fit & Proper Tes Anggota KPU dan Bawaslu

Editor KPU dan Bawaslu. /visi.news/net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Komisi II DPR RI telah menuntaskan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode jabatan 2022-2027. Rapat yang digelar secara marathon itu berlangsung hingga Rabu (16/2/2022) malam. Setelah itu Komisi II DPR melakukan rapat internal untuk menentukan mekanisme pengambilan keputusan.

“Empat belas calon Komisioner KPU RI sudah kita selesaikan (uji kelayakan dan kepatutan), 10 calon Komisioner Bawaslu sudah kita selesaikan. Rapat kita skors dulu untuk kita adakan persiapan tentu persiapan rapat internal kita,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa saat memimpin uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU-Bawaslu, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Politisi Partai NasDem itu menjelaskan, rapat internal Komisi II DPR akan mengambil keputusan mengenai mekanisme pemilihan anggota KPU-Bawaslu terpilih dan juga akan diputuskan mekanisme pengambilan keputusan apabila musyawarah tidak tercapai.

“Persiapan setelah keputusan rapat internal terkait mekanisme pemilihan calon komisioner penyelenggara pemilu baik KPU RI dan Bawaslu RI, kita juga mempersiapkan segala kemungkinan dan segala alat-alat yang memang dibutuhkan dalam menentukan calon komisioner penyelenggara pemilu,” terang Saan.

Komisi II DPR pun menetapkan 7 komisioner KPU dan 5 anggota Bawaslu untuk masa jabatan 2022-2027 melalui mekanisme voting pada Rabu (16/2/2022) malam hingga Kamis (17/2/2022) dini hari. Sebelum voting, Komisi II DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu pada 14-16 Februari 2022.

Daftar Komisioner KPU 2022-2027 terpilih di Komisi II DPR RI yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz Sementara daftar Anggota Bawaslu 2022-2027 terpilih yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda. Nama-nama terpilih ini akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk ditetapkan. Kemudian, dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik.@mpa/dpr

Baca Juga :  Ikhtiar Samawiyah Covid-19, Pemkot Bandung Gelar Tadarus Alquran

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lebih Mengenal Nicole Smith-Ludvik, Stuntwoman Iklan Emirates yang Viral Setelah Berdiri di Burj Al Khalifa Dubai

Kam Feb 17 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | GEORGIA AS – Penerjun payung profesional dan pemeran pengganti Nicole Smith-Ludvik yang ditampilkan dalam kampanye iklan viral Emirates Airlines yang berbasis di Dubai, menimbulkan kehebohan di seluruh dunia. Iklan tersebut, yang tidak melibatkan penggunaan layar hijau atau efek khusus apa pun, menunjukkan Smith-Ludvik berdiri di atas Burj […]