Kontroversi Kuota Haji, DPR RI Soroti Pengalihan Kuota ke ONH Plus

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI menyoroti keputusan Kementerian Agama (Kemenag) yang mengalihkan separuh dari 20 ribu kuota tambahan haji reguler ke layanan ONH Plus. Anggota Timwas Haji DPR, John Kenedy Azis, menegaskan bahwa tindakan ini bertentangan dengan kesepakatan Panitia Kerja (Panja) Haji.

Dalam wawancara dengan Parlementaria di Makkah, Arab Saudi, pada Jumat (14/06/2024), John Kenedy Azis mengungkapkan bahwa Indonesia telah mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 20 ribu jauh sebelum pembentukan Panja Haji. “Panja Haji terbentuk setelah kita mendapat informasi tentang tambahan kuota,” ujar John.

Kuota tambahan yang diumumkan oleh pemerintah melalui Kemenag ini diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu bagi calon jemaah haji yang sudah lama antri. “Harapan kita dengan tambahan kuota ini, komposisi antara jemaah haji reguler dan ONH Plus bisa sesuai dengan peraturan yaitu 8 persen,” tambah John.

Namun, terungkap bahwa setengah dari kuota tambahan tersebut dialokasikan untuk ONH Plus. John menekankan bahwa dalam pembahasan Panja Haji hingga keputusan final, tidak ada diskusi tentang pengalihan kuota untuk ONH Plus.

Pada rapat terakhir Komisi VIII dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, dilaporkan bahwa kuota 20 ribu tersebut dialihkan ke ONH Plus. John mempertanyakan dasar hukum dari pengalihan tersebut, mengingat itu merupakan hak dari jemaah haji reguler.

Lebih lanjut, John menyoroti peningkatan jumlah kuota yang diberikan kepada ONH Plus dari 17.240 menjadi 19.250. “Bagaimana mungkin 20 ribu kuota dibagi begitu saja? Ini harus diberikan penjelasan,” tegasnya.

Timwas Haji DPR kini menuntut penjelasan resmi dari Kemenag terkait dasar hukum pengalihan kuota ini, serta memastikan bahwa hak jemaah haji reguler tidak dirugikan.

Baca Juga :  Bupati Bandung: Pemkab dan Dandim Mitra Kerja dalam Pembangunan

@rizalkoswara

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kisah Viral Sopyah, Berpakaian Laki-Laki Demi Bertahan Hidup Bersama Adik

Sab Jun 15 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | INDRAMAYU – Kisah inspiratif datang dari Sopyah Supriatin (22), seorang wanita tangguh yang rela mengubah penampilannya menjadi seperti pria demi mendapatkan pekerjaan sebagai kuli bangunan. Dengan pakaian kerja kasar dan potongan rambut pendek, Sopyah berusaha keras agar bisa diterima di dunia kerja yang didominasi oleh pria, semata-mata […]