Koperasi Harus Bisa Meningkatkan Pelayanan, Bank Emok dan Rentenir bukan Koperasi

Editor H. Dadang Risdal Aziz bersama Drs. Kusmana Hartaji, Kadis KUK Provinsi Jawa Barat./visi.news/ki agus.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Salah seorang pencetus Gerakan Berantas Renternir Berkedok Koperasi (Gebrak), H. Dadang Risdal Azis, mengatakan, diusianya yang sudah mencapai 74 tahun, semestinya Koperasi sudah bisa memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dalam berbagai pelayanan. Apalagi di masa pandemi covid 19 ini.

Dadang yang juga seorang anggota Tim Akselerasi Jabar Juara, Bidang Koperasi, mengingatkan bahwa 74 tahun bukan waktu yang sangat singkat. Dengan tujuan mulia yang tertuang dalam amanah Undang Undang Dasar 1945, pasal 33 sebagai landasannya.

“Kita menyadari kalau geliat ruh koperasi telah di adopsi para pelaku non koperasi, seperti Bank Emok dan Renternir yang mengatasnamakan koperasi,” katanya melalui telepon, Senin (12/7/2021).

Dadang mempersepsikan peran koperasi seolah tidak berdaya dengan kenyataan tersebut. Perannya sebagai wadah bagi kesejahteraan masyarakat tumpul tak ada kerjanya.

Padahal dia mengakui kalau koperasi bisa menjadi sarana untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Namun tata cara dalam memperoleh dana itu dikatakan cukup sulit. Berbeda dengan bank emok atau renternir.

Jadi sudah saatnya, lanjut dia, koperasi memadu padankan perkembangan zaman, dengan melakukan kolaborasi dan elaborasi yang sudah menjadi keharusan.

“Bahkan fasilitas teknologi bisa mengubah pandangan. Sehingga eksistensi koperasi bisa diimplementasikan sebagai salah satu kendaraan menuju kesuksesan,” ujar dia.

Hakekatnya koperasi merupakan sebuah instrumen dasar yang memang sudah seharusnya bisa menjadi kebutuhan dasar. Dengan berkoperasi jadi paradigma baru milenial kekinian tanpa harus menghilangkan jatidiri koperasi itu sendiri.

“Ayo benahi pelayanan, ayo akselerasi pengabdian, aya moderasi perkembangannya, Indonesia maju dengan koperasi. Bersama koperasi rakyat makmur lahir bathin,” pungkas dia. @qia.

Baca Juga :  Cegah Kebingungan Soal Pembatalan Ibadah Haji 2021, Deding Ishak : Pemerintah, DPR dan BPKH Harus Satu Suara!

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

M. Luthfi: Aksi Peduli Kemanusiaan, PDI Perjuangan Berikan Bantuan Kantung Jenazah

Sel Jul 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kiprah PDI Perjuangan dalam masa penebalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dengan membagikan Kantung Jenazah ke Puskesmas Cicalengka, Senin (12/7/2021). Kegiatan itu, dikatakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bandung, M. Luthfi Haffiyan, juga Wakil Bendahara di DPC PDI Perjuangan, guna mengantispasi kekurangan kantung jenazah yang […]