Korban Hujan Badai Terima Uang "Kadeudeuh" dari Pemdes Cinunuk

Editor :
Salah seorang warga Cinunuk, korban hujan badai yang rumahnya rusak menerima uang kadeudeuh dari Pemdes Cinunuk./visi.news/yaso.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Setelah Pemerintah Desa (Pemdes) Cibiruwetan, giliran Pemdes Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, memberikan kadeudeuh kepada para korban bencana hujan badai.
Pemberian kadeudeuh dari Pemdes Cinunuk tersebut diserahkan langsung di Aula Kantor Desa Cinunuk, Senin (2/11/2020), kepada 179 keluarga korban hujan badai yang rumahnya rusak berat, ringan, dan sedang.
Diberitakan, hujan badai yang menerjang Kecamatan Cileunyi, 25 Oktober 2020 lalu, khususnya di Desa Cibiruwetan dan Desa Cinunuk, ratusan rumah, sejumlah masjid, dan musala serta SDN 2 Sukahati rusak.
Di Desa Cibiruwetan, tercatat 80 rumah warga rusak berat, ringan, dan sedang. Untuk meringankan beban para korban dan empati, Pemdes Cibiruwetan memberikan uang kadeudeuh Rp 250 ribu/keluarga yang rumahnya rusak dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes).
Sementara kadeudeuh dari Pemdes Cinunuk terhadap 179 keluarga yang rumahnya rusak diterjang hujan badai anggarannya sama dari APBDes. Uang kadeudeuh diberikan langsung di Aula Kantor Desa Cinunuk.
“Uang kadeudeuh untuk 179 keluarga di Desa Cinunuk yang rumahnya rusak diterjang hujan badai dari APBDes sebesar Rp 25.258.000. Anggaran tersebut untuk 6 rumah rusak berat Rp 500.000/rumah, 33 rumah
rusak sedang Rp 250.000/rumah dan untuk 140 rumah ringan Rp 100.000/rumah,” kata Kades Cinunuk, H. Sesep Ruhiat usai memberikan uang kadeudeuh secara simbolis kepada salah seorang warga yang menerima uang kadeudeuh.
Menurut Sesep, meski uang kedeudeuh yang diberikan tidak besar dan tak akan mencukupi perbaikan rumah yang rusak, uang kedeudeuh ini diberikan sebagai ungkapan ikut prihatin, empati, dan kepedulian Pemdes Cinunuk.
“Berharap ini bermanfaat dan minimal bisa sedikit meringankan beban warga Cinunuk yang rumahnya rusak diterjang hujan badai,” harapnya.
Dalam sambutan di hadapan para korban yang rumahnya rusak dan akan menerima uang kadeudeuh di Aula Kantor Desa Cinunuk, Sesep berpesan dan mengimbau warga Desa Cinunuk di musim hujan dan di tengah pandemi corona ini agar waspada.
“Musim hujan telah tiba, saya imbau warga meminimalisasi banjir dengan cara untuk sama-sama menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Begitu pun di tengah pandemi corona, warga Cinunuk harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai Covid-19,” katanya. @yas

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bintang Baru akan Lahir di Konser Kemenangan KDI 2020 Malam Ini Pukul 19.00 WIB

Sen Nov 2 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ajang KDI 2020 memasuki tahap akhir. Sang juara akan ditentukan dalam Konser Kemenangan yang disiarkan langsung dari Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Senin (2/11/2020) malam, pukul 19.00 WIB.  Konser tersebut akan dimeriahkan sederet artis papan atas, seperti Rhoma Irama, Judika, Nella Kharisma, Dory Harsa, Bertrand Peto Putra Onsu, […]