Korban Tewas dalam Serangan Rudal Rusia di Dnipro Ukraina Capai 40 Orang

Editor Seorang wanita dan seorang anak meninggalkan upeti di dekat lokasi di mana sebuah blok apartemen rusak berat akibat serangan rudal Rusia, Dnipro, Ukraina, 16 Januari 2023./foto reuters/via dailysabah.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | DNIPRO, UKRAINA – Korban tewas akibat serangan rudal Rusia di kota Dnipro, Ukraina, naik menjadi 40 pada Senin dengan puluhan lainnya hilang, menurut pejabat kota.

Meningkatnya jumlah korban tewas menjadikannya insiden sipil paling mematikan dari ulah tiga bulan Moskow yang melemparkan rudal ke kota-kota yang jauh dari garis depan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengundurkan diri pada Senin setelah pernyataan tentang perang dikritik sebagai tuli nada, menyiapkan panggung untuk apa yang diharapkan menjadi salah satu minggu paling penting dalam menguraikan dukungan militer Barat untuk Kyiv.

Dengan sekutu yang dijadwalkan bertemu pada Jumat di pangkalan udara AS di Jerman untuk membahas bantuan militer, Berlin berada di bawah tekanan kuat untuk mengizinkan ekspor tank tempur Leopard, yang diharapkan Ukraina akan menjadi tulang punggung kekuatan lapis baja baru.

Pejabat Ukraina mengakui sedikit harapan untuk menemukan orang lain yang masih hidup di reruntuhan serangan hari Sabtu di Dnipro , tetapi Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan penyelamatan di kota Ukraina tengah akan terus berlanjut “selama ada kesempatan sekecil apa pun untuk menyelamatkan nyawa.”

“Puluhan orang diselamatkan dari puing-puing, termasuk enam anak. Kami berjuang untuk setiap orang!” kata Zelenskiy dalam pidato semalam di televisi.

Moskow membantah sengaja menargetkan warga sipil dalam upaya serangan udara sejak Oktober yang telah melumpuhkan listrik dan air di kota-kota Ukraina, dan mengatakan insiden di Dnipro disebabkan oleh pertahanan udara Ukraina.

Kyiv mengatakan tidak memiliki cara untuk menembak jatuh rudal anti-kapal yang katanya menghantam sebuah gedung apartemen di Dnipro pada hari Sabtu selama serangan voli terbaru Rusia.

Baca Juga :  Syarat Parpol Peserta Pemilu 2024 Sama dengan Pemilu 2019

Sedikitnya 40 orang tewas dalam serangan itu dengan 30 orang masih belum ditemukan, kata pejabat kota Gennadiy Korban. Dia mengatakan 75 orang terluka termasuk 14 anak-anak.

Pemerintah Jerman mengatakan Kanselir Olaf Scholz telah menerima pengunduran diri Lambrecht dan akan segera menunjuk menteri pertahanan baru untuk menggantikannya.

Kepergiannya terjadi hanya tiga hari sebelum dia dijadwalkan menjadi tuan rumah mitra AS-nya, Menteri Pertahanan Lloyd Austin, dan empat hari sebelum sekutu berkumpul di pangkalan udara Ramstein di Jerman untuk pertemuan berikutnya guna mengoordinasikan dukungan militer untuk Kyiv.

Lambrecht telah dikritik dalam beberapa hari terakhir karena tuli nada setelah pesan Malam Tahun Baru yang optimis difilmkan di depan kembang api, di mana dia berbicara tentang kesempatan dia harus bertemu “orang-orang hebat yang menarik” sebagai akibat dari perang Ukraina.

Minggu mendatang diharapkan melihat diplomasi yang intens untuk mengamankan senjata tambahan untuk Kyiv, dengan fokus pada keengganan Jerman sejauh ini untuk memasok tank atau membiarkan sekutunya mengirim mereka.

Prancis, Amerika Serikat, dan Jerman semuanya menjanjikan kendaraan tempur lapis baja bulan ini, tetapi negara-negara Barat sejauh ini berhenti menawarkan tank tempur utama. Inggris memecahkan tabu itu selama akhir pekan dengan menawarkan satu skuadron Challengers.

Moskow menuduh Barat meningkatkan konflik, meskipun Rusia juga mengatakan pasokan tank tidak akan mempengaruhi jalannya perang. Tank-tank Inggris “akan terbakar seperti yang lainnya”, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Senin.

Sekutu NATO Eropa Timur dan Tengah terutama mengandalkan Macan Tutul buatan Jerman, yang dipandang sebagai tank Barat yang paling cocok untuk membentuk inti kekuatan lapis baja baru Ukraina. Polandia dan Finlandia mengatakan minggu lalu mereka ingin mengirim, tapi itu membutuhkan izin dari Berlin.

Baca Juga :  Indonesia dan Malaysia Panggil Duta Besar India Terkait Kasus Penghinaan Nabi Muhammad

Pasukan Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah selama paruh kedua tahun 2022. Tetapi garis depan sebagian besar telah dibekukan selama dua bulan terakhir, meskipun pertempuran sengit di mana kedua belah pihak diyakini telah mengalami kerugian besar.

Kyiv mengatakan baju besi Barat yang baru akan memecahkan kebuntuan, memberi pasukannya kemampuan untuk menembus garis pertahanan Rusia.

Moskow mengklaim telah merebut kota tambang garam timur Soledar minggu lalu, yang akan menjadi kesuksesan medan perang terbesarnya sejak Agustus lalu. Kyiv mengatakan masih ada di kota itu dan pertempuran terus berlanjut.

Sederhananya, PERTEMPURAN TERUS, kata Wakil Menteri Pertahanan Hanna Maliar di aplikasi perpesanan Telegram. “Yang lainnya adalah informasi yang belum diverifikasi.”

Sekutu Barat Ukraina mengatakan perjuangan untuk Soledar, dengan populasi sebelum perang hampir 10.000, tidak mungkin memiliki dampak yang jauh lebih luas, kecuali sejauh kerugian besar di sana dapat menyedot tenaga kerja yang dibutuhkan kedua belah pihak untuk pertempuran menentukan yang akan datang.

Ukraina telah memperingatkan bahwa Moskow dapat merencanakan serangan baru dalam beberapa minggu mendatang, termasuk dari sekutu dekat Belarusia, yang telah mengizinkan Rusia untuk menggunakan wilayahnya sebagai tempat persiapan tetapi sejauh ini menolak bergabung dalam perang secara langsung.

Rusia dan Belarus memulai latihan penerbangan militer bersama pada hari Senin. Minsk mengatakan latihan itu bersifat defensif dan tidak akan memasuki perang.

“Kami mempertahankan pengekangan dan kesabaran, menjaga bubuk mesiu kami tetap kering,” kata Pavel Muraveyko, wakil sekretaris negara pertama Dewan Keamanan Belarusia, menurut sebuah posting di aplikasi Telegram kementerian pertahanan Belarusia pada hari Minggu. @fen/reuters/dailysabah.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Yana: Hentikan Penjualan Jajanan Ciki Ngebul

Sel Jan 17 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Yana Mulyana melarang penjualan ciki ngebul. Hal ini mengingat semakin maraknya kasus keracunan akibat jajanan tersebut. ‚ÄúDinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung rasanya sudah membuat surat edaran untuk melarang. Sebab risikonya, nitrogen itu kalau sampai tertelan bisa bahaya. Gelas saja bisa pecah kalau terkena nitrogen […]