Kota Kabul Mulai Terkepung Pasukan Pejuang Taliban

Editor Pejuang Taliban berdiri di atas kendaraan polisi yang rusak di sepanjang pinggir jalan di Kandahar pada 13 Agustus 2021./al jazeera/ via tribunnews.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Para pasukan pejuang Taliban makin ofensif menguasai sejumlah wilayah di Afghanistan. Sejumlah kota utama makin banyak yang berhasil mereka rebut dari tangan Pemerintah Afghanistan.

Al Jazeera melaporkan, dilansir tribunnews.com, saat ini hanya Mazar i Sharif dan Jalalabad, dua kota besar yang masih dalam kontrol dan penguasaan Pemerintah di tengah pengepungan Kota Kabul, ibu kota Afghanistan oleh pasukan Taliban.

Mazar i Sharif terletak di utara Kota Kabul. Minggu lalu, pasukan Taliban berhasil merebut dua kota utama, Herat dan Kandahar.

Sementara itu, Sputnik News melaporkan, staf Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di kota Kabul sedang bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Posisi para pejuang Taliban saat ini hanya berjarak 50 km dari kota Kabul. Begitu dekat.

Dikutip dari Sputnik News, Minggu (15/8/2021), dalam cuitannya di Twitter, reporter NPR National Desk, Tom Bowman menuliskan, situasi di Kedubes AS di Kabul ‘lebih mengerikan dibandingkan apa yang disampaikan Departemen Luar Negeri AS’.

“Hampir semua karyawan sedang berkemas dan sebagian kecil di antaranya akan mengungsi ke lokasi lain. Para staf bersiap untuk menghancurkan kertas-kertas yang berisi data sensitif, begitu pula komputer dan telepon,” cuit Bowman.

Sementara itu, ada ​pengguna media sosial yang menanggapi cuitan Bowman dan membandingkan situasinya dengan ‘hari-hari terakhir perang Vietnam’ serta jatuhnya kota Saigon.

Perlu diketahui, dengan ditariknya pasukan militer AS dan sekutunya keluar dari negara itu, membuat Taliban meluncurkan serangan nasional besar-besaran.

Bahkan kelompok pemberontak itu berhasil merebut provinsi-provinsi utama dan pusat-pusat populasi di negara konflik tersebut.

Sejauh ini Taliban telah berhasil mengambil alih setengah dari ibu kota provinsi Afghanistan, termasuk Kandahar dan Herat.

Baca Juga :  Hasil, Klasemen, dan Jadwal BRI Liga 1 2021/2022: Persipura dan PSIS Raih Sukses, Bhayangkara vs PSS Sleman Nirkemenangan

Kandahar dan Herat merupakan kota terbesar kedua dan ketiga di negara Timur Tengah itu.

Pasukan pemerintah pun saat ini sedang berjuang untuk menghentikan atau bahkan ‘memukul mundur’ pawai cepat para militan ini.

Kamis lalu, Departemen Luar Negeri AS mendesak semua warganya untuk ‘segera meninggalkan Afghanistan’.

Pentagon bahkan telah mengumumkan bahwa sekitar 3.000 prajurit AS akan dikerahkan sementara ke negara itu untuk memberikan bantuan keamanan bagi diplomat AS serta warga negara yang akan mengungsi dari sana. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ardi Bakrie Kecelakaan di Panti Rehab

Ming Agu 15 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ardi Bakrie mengalami kecelakaan saat menjalani olahraga bersama terapisnya di tempat rehabilitasi narkoba. Gara-gara insiden ini, suami Nia Ramadhani itu harus dilarikan ke rumah sakit (RS). Pengacara Ardi, Wa Ode Nur Zainab, menuturkan bahwa Ardi terjatuh saat sedang menjalani sesi latihan kick boxing pada sore hari. “Pada […]