“Kotaku” Ubah Wajah Kumuh 3 Kelurahan di Solo Jadi Asri dan Tertata Rapi

Editor Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, meninjau infrastruktur, MCK, fasilitas air bersih dan lain-lain yang dibangun dalam program "Kotaku" di Kelurahan Kedung Lumbu/visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan
VISI.NEWS | SOLO – Wajah kampung kumuh di 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Kedung Lumbu, Kelurahan Sangkrah dan Kelurahan Semanggi di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon, sisi tenggara Kota Solo, kini kini berubah menjadi kawasan permukiman yang asri dan tertata rapi lengkap dengan fasilitas infrastruktur jalan, MCK dan air bersih.
Perubahan itu setelah pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bekerjasama dengan Pemkot Solo dan didukung pemerintah Australia melalui bantuan Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), menyelesaikan program pembangunan dan penataan kawasan kumuh perkotaan dalam program “Kotaku” (Kota Tanpa Kumuh).
Guntur Herlambang, perwakilan PPK Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Jateng, menjelaskan, program Kotaku DFAT merupakan bantuan Pemerintah Australia untuk penataan kawasan kumuh di Indonesia.
Kota Solo merupakan salah satu percontohan program “Kotaku” untuk mewujudkan kota tanpa kawasan kumuh, di antaranya berupa pembangunan infrastruktur jalan, fasilitas MCK dan air bersih, serta penataan kawasan permukiman.
Di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, menurut Guntur, dalam program tersebut dibangun sumur, reservoir dan septic tank komunal untuk 400 KK. 107 KK. Di Kelurahan Kedung Lumbu, menerima bantuan pembangunan gapura utama, sumur dan reservoir serta jamban komunal untuk 107 KK. Sedangkan di Kelurahan Sangkrah, dibangun sumur dan reservoir, MCK serta instalasi pengolah limbah (IPAL) untuk 177 KK.
“Kementerian PUPR hadir untuk masyarakat melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang diluncurkan sejak 2016. Program Kotaku diharapkan memberikan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat dengan terbangunnya fasilitas infrastruktur dasar di lokasi-lokasi kumuh. Pemerintah Australia menggelontorkan bantuan untuk mengatasi persoalan air dan sanitasi melalui bantuan DFAT,” ujarnya.
Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, ketika meresmikan fasilitas infrastruktur jalan, MCK dan air bersih di halaman RW 3, Kelurahan Kedung Lumbu, Selasa (22/2/2022), menyatakan, berbagai fasilitas infrastruktur dari program “Kotaku” DFAT( Australia ) yang sudah bisa mulai dinikmati warga tiga kelurahan tersebut supaya terus dirawat dan dimanfatkan dengan baik sehingga tetap bersih dan tidak menjadi kawasan kumuh lagi.
“Kampung kita menjadi contoh, yang semula kumuh kini bersih, sehat, rapi dan indah. Namun, semua itu tergantung warganya. Apakah bisa, warga menjaga agar lingkungannya tetap bersih dan sehat setiap waktu,” katanya.
Teguh Prakosa yang mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, minta warga Kota Solo membiasakan diri hidup bersih dan sehat yang merupakan kebutuhan dengan kesadaran setiap warga.
“Budaya hidup bersih dan sehat harus dibiasakan di kalangan warga kampung. Caranya, sepanjang waktu warga harus bisa memelihara semua fasilitas, baik sanitasi, jalan dan air bersih yang telah melewati uji publik universal. Sehingga fasilitas itu terjamin kualitas material dan pengerjaannya,” tandasnya.
Sumaryati, seorang ibu rumah tangga warga RW 3 Kelurahan Kedung Lumbu, mengungkapkan, kini lingkungan di sekitar tempat tinggal maupun wilayah RW lain di Kelurahan Kedung Lumbu benar – benar bersih dan sehat.
“Kami malu. Dulu kampung Kedung Lumbu kumuh. Tapi sekarang sudah bersih. Kami sekarang merasa nyaman di lingkungan kami,” ungkapnya.
Sementara Wartono, warga RW 3 lainnya, menyatakan, fasilitas sanitasi di lingkungannya sangat membantu warga dalam membiasakan hidup bersih dan sehat. Menurut dia, fasilitas yang baik lingkungan yang tidak kumuh memberikan semangat hidup yang lebih baik bagi warga di lingkungannya.@tok
Baca Juga :  REFLEKSI | Cinta Kesatrianya Allah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Parascript Meluncurkan Solusi Verifikasi Tanda Tangan Terbaik, SignatureXpert.AI®

Rab Feb 23 , 2022
Silahkan bagikan SignatureXpert.AI® memverifikasi tanda tangan dengan akurasi luar biasa. Solusi ini mewujudkan autentikasi tanda tangan untuk berbagai aplikasi, termasuk pemrosesan cek, pengajuan kredit, pemungutan suara lewat pos, petisi, dan berbagai penggunaan lainnya yang memerlukan deteksi pemalsuan tanda tangan. VISI.NEWS | LONGMONT – Parascript, penyedia otomatisasi berkinerja tinggi selama lebih […]