KPI : Fokus ke Pemulihan dan Pendampingan MS Korban Pelecehan Seksual

Editor Ilustrasi./pixabay.com
Silahkan bagikan

VISI.NEW | YOGYAKARTA – Mulyo Hadi Purnomi selaku Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengaku sedang fokus ke pemulihan dan pendampingan korban pelecehan seksual dan perundungan di KPI pusat yaitu MS.

“Ini adalah proses penyelidikan yang masih berlangsung. Kami tidak ada intervensi dari pemeriksaan di polres dan Komnas HAM. Fokus kami saat ini adalah kepada pemulihan korban,“ ujarnya dalam jumpa pers daring, Selasa (30/11/21), mengutip dari AntaraNews.com.

Mulyono juga mengatakan bahwa KPI Pusat telah membentuk tim penanganan dan pencegahan perundungan dan kekerasan seksual yang beranggotakan tujuh orang. Tim tersebut terdiri dari lima orang penggiat HAM dan dua orang dari Komisioner KPI Pusat yang mulai berlaku sejak tanggal 16 November 2021.

Tugas dari tim tersebut ialah untuk program pendampingan korban dan perumusan kebijakan mengenai penanganan dan pencegahan perundungan serta kekerasan seksual yang dilakukan di lingkungan KPI Pusat.

Dian Kartika selaku Ketua Tim Penanganan dan Pencegahan Perundungan Seksual di Lingkungan KPI telh berupaya mengidentifikasi persoalan kepada sumber yang terkait seperti melakukan wawancara kepada pengacara korban, melakukan wawancara dengan psikolog dan mengunjungi korban beserta keluarganya.

Kemudian pada senin (29/11) Komnas HAM menyampaikan rekomendasi dalam penanganan kasus tersebut yaitu KPI Pusat diminta membuat pedoman untuk menanganii pelecehan seksual hingga rekomendasi yang ditujukan kepada Kominfo untuk meminta adanya evaluasi struktural KPI karena lemabaga itu sendiri masuk dalam lembaga yang dinaungi oleh Kominfo. @gil

Baca Juga :  Siapkan 10 Ton Beras, Pemkot Bandung Gelar Pasar Murah di Kecamatan Andir

Mohammad Iqbal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menag: Penyelenggaraan Umrah akan Menjadi Simulasi Kesiapan Jemaah Haji Indonesia

Rab Des 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan kebijakan penyelenggaraan ibadah umrah 1443 H/2021 M akan menjadi simulasi terbukanya pintu bagi jemaah haji Indonesia. Pernyataan ini disampaikan Menag dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI membahas Perkembangan Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah serta isu-isu aktual […]