KPK Panggil Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Terkait Kasus Korupsi

Editor Ilustrasi KPK./cnn indonesia/adhi wicaksono/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi, untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi Bandung Smart City. Kasus ini sebelumnya telah menjerat mantan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, yang telah divonis empat tahun penjara.

“Tim Penyidik KPK di Gedung Merah Putih telah menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi, Ricky Gustiadi,” ujar Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Selasa (7/5/2024).

Dalam pengembangan penyidikan, KPK juga telah menetapkan lima tersangka baru, termasuk Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, dan empat anggota DPRD Kota Bandung. Para tersangka baru ini adalah:

1. Ema Sumarna, Sekda Kota Bandung
2. Riantono, Anggota DPRD Kota Bandung
3. Achmad Nugraha, Anggota DPRD Kota Bandung
4. Ferry Cahyadi, Anggota DPRD Kota Bandung
5. Yudi Cahyadi, Anggota DPRD Kota Bandung

Sebelumnya, enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, termasuk Yana Mulyana, yang kini mendekam di Lapas Sukamiskin. Yana diwajibkan membayar denda dan uang pengganti dalam berbagai mata uang, total mencapai miliaran rupiah. Jika tidak mampu membayar, Yana akan menghadapi pidana tambahan satu tahun penjara.

Yana, bersama Kadishub Bandung Dadang Darmawan dan Khairul Rijal, terbukti melanggar Pasal 12 huruf a dan Pasal 12B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan hukuman penjara masing-masing empat dan lima tahun.

Kasus ini menyoroti pentingnya transparansi dan integritas dalam pengelolaan proyek pemerintah, serta menegaskan komitmen KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia.

@mpa/mh/uli

Baca Juga :  Korban Tewas Akibat Aksi Demo di Peru Dekati Angka 50 Orang, 300 Orang Asing Terdampar

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Starlink Kini Tersedia di Bandung: Panduan Instalasi

Sel Mei 7 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Starlink, layanan internet satelit revolusioner dari Elon Musk, kini telah tersedia di Bandung. Dengan kecepatan yang menembus hingga 300 Mbps, Starlink menawarkan konektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah ini¹. Cara Pemesanan dan Instalasi 1. Pemesanan: Warga Bandung dapat memesan Starlink Kit langsung dari […]