KPw BI Solo Gelar “Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS” Ketiga Tahun 2020

"Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS" tahun 2020 digelar KPw BI Solo/visi.news/istimewa
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, kembali menggelar “Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS” tahun 2020 yang merupakan pemilihan ketiga sejak pergelaran pemilihan pertama tahun 2018 yang semula bertajuk “Pemilihan Duta Rupiah”.

Pada pemilihan kali ini, selain menambahkan QRIS yang merupakan singkatan dari QR Code Indonesia Standard dalam sistem pembayaran nontunai, peserta pemilihan diperluas melibatkan teller perbankan dan Generasi BI atau GenBl Solo.

Dalam rilis yang dikirim KPw BI Solo, kepada VISI.NEWS, Minggu (25/10 /2020) petang, dijelaskan, “Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS” yang digelar KPw BI Solo setiap tahun, pada tahun 2020 ini merupakan ajang kompetisi pertama yang melibatkan para mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam GenBI Solo.

Rangkaian pemilihan berlangsung dari Februari – Oktober 2020, diikuti 171 orang, terdiri dari 95 orang teller dari bank umum, BPR, dan pegadaian, serta sebanyak 76 orang GenBI Solo dari UNS, IAIN, dan UNISRI.

Jumlah peserta tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2019 lalu tercatat sebanyak 81 orang dari Bank Umum dan BPR.

“Pemilihan diawali dengan training of trainers pada 22 Februari 2020, kemudian para peserta harus melalui 3 tahapan seleksi. Tahap pertama berupa tes tertulis kebanksentralan, tes cek keaslian uang dan tes uji hitung cepat khusus kategori teller perbankan. Tahapan berikutnya presentasi untuk memilih 20 besar dan tahap ketiga presentasi grand final untuk menentukan 10 besar,” kata Kepala KPw BI Solo, Bambang Pramono.

Hasil “Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS” tahun 2020, yang diumumkan dewan juri, untuk kategori teller perbankan, keluar sebagai Juara Dian Bella Sukmasari (Bank Jateng KC Wonogiri), Peringkat 2 Susila Hadi (Bank Syariah Mandiri), dan Peringkat 3 Indri Surya Almasih (BPR Guna Daya Boyolali).

Adapun Juara kategori GenBI, adalah: Farah Primanita (UNS), Peringkat 2 Era Repsi (IAIN), dan Peringkat 3 Ryan Septyan (UNS).@tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAUSIAH: Memaknai Kehidupan yang Fana dengan Gaya Hidup Islami (2)

Ming Okt 25 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Dalam pandangan Islam gaya hidup dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, pertama gaya hidup Islami dan kedua gaya hidup jahili. Gaya hidup Islami mempunyai landasan yang mutlak dan kuat, yaitu tauhid. Inilah gaya hidup orang beriman. Adapun gaya hidup jahili, landasannya bersifat relatif dan rapuh penuh dengan […]