Kriteria Waktu Subuh -20 Derajat Benar Secara Fikih dan Sains

Editor :
Kriteria waktu subuh -20 derajat benar secara fikih dan sains./screenshot/via kemenag.go.id/ist.

Silahkan bagikan

– Kamaruddin mengimbau masyarakat tidak ragu menggunakan kriteria waktu subuh yang diterbitkan Kementerian Agama.

VISI.NEWS – Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin memastikan bahwa kriteria waktu subuh pada posisi matahari -20 (minus dua puluh) derajat sudah benar, baik dilihat dari sisi fikih maupun sains.

Hal ini ditegaskan Kamaruddin merespons hasil kajian Majelis Tarjih Muhammadiyah yang mengatakan bahwa waktu subuh pada posisi -18 (minus delapan belas) derajat lebih akurat.

“Kementerian Agama melalui Tim Falakiyah menyepakati bahwa kriteria waktu subuh pada posisi matahari -20 (minus dua puluh) yang digunakan dalam pembuatan jadwal salat Kementerian Agama sudah benar sesuai fikih dan sains,” tegas Kamaruddin di Jakarta, Senin (21/12/2020), seperti dilansir kemenag.go.id.

Tim Falakiyah Kementerian Agama terdiri atas pakar Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Universitas Islam di seluruh Indonesia, juga pakar falak dari PBNU, Persis, PUI, dan Al-Irsyad.

“Kriteria tersebut berdasarkan hasil observasi rukyat fajar yang dilakukan oleh Tim Falakiyah Kemenag di Labuan Bajo pada tahun 2018 dan juga hasil observasi rukyat fajar di Banyuwangi yang dilakukan oleh peneliti dari Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama,” lanjutnya.

Sehubungan dengan itu, Kamaruddin mengimbau masyarakat tidak ragu menggunakan kriteria waktu subuh yang diterbitkan Kementerian Agama.

“Kami sampaikan kepada masyarakat untuk tidak ragu menggunakan jadwal salat yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama RI,” tandasnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ditunjuk Jadi Menag, Gus Yaqut Punya Harta Rp 936 Juta

Rab Des 23 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas merupakan satu dari enam nama baru yang mengisi jabatan menteri Kabinet Indonesia Maju. Ia ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Gus Yaqut mempunyai harta senilai Rp 936 juta yang sudah dilaporkan ke KPK pada 19 Juni […]