Kronologi Bentrok Ormas FBR-Pemuda Pancasila Versi Polisi

Editor :
Bentrokan ormas Pemuda Pancasila dan FBR di Ciledug, Tangerang disebut dipicu oleh hoaks terkait pelemparan batu dan balas dendam./antara/rony muharrman)

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bentrokan antara ormas Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP) di wilayah Ciledug, Tangerang Kota, Minggu (6/9) malam, disebut dipicu oleh kabar hoaks.

Kapolsek Ciledug Kompol Ali Yusron menjelaskan peristiwa itu bermula saat rombongan PP pulang dari arah Cibodas, Bogor menggunakan 10 mobil. Dua di antaranya merupakan mobil ormas.

Sampai di daerah Petukangan, Jakarta Selatan, ada batu kerikil yang mengenai salah satu mobil rombongan tersebut.

“Tiba-tiba ada kepletikan kerikil entah dari mana gitu. Dari PP nyari siapa yang lempar ya, enggak ketemu orangnya,” kata Ali saat dihubungi, Senin (7/9), sepeti dilansir CNN Indonesia.

Rombongan itu lantas melanjutkan perjalanan ke arah Kreo. Di lokasi itu, mobil sempat menyenggol seorang tukang parkir, yang ternyata masih berkerabat dengan anggota FBR.

“Pemicu mereka di (kabar) hoaks. Yang dari sana (PP) tadi nimpuk (memakai batu kerikil) dikira FBR, yang (FBR) ini dikira nyari dendam. Ini kan berita hoaks yang memicu,” ujar Ali.

Akibat kesalahpahaman itu, bentrokan terpicu. Apalagi kemudian beredar di media sosial video dan foto yang memperlihatkan aksi bentrokan antarormas tersebut.

Namun, kata Ali, aparat langsung menuju ke lokasi untuk meredakan situasi antara kedua ormas.

“Iya (salah paham), mereka enggak ada masalah, itu yang beredar di medsos banyak kejadian lama,” tutur Ali.

Kedua ormas, kata dia, juga telah bersepakat untuk membuat deklarasi damai. Ali memastikan bahwa tak ada korban jiwa dalam bentrokan tersebut.

Sebelumnya, di media sosial banyak beredar rekaman video yang memperlihatkan aksi bentrokan antarormas di Ciledug. Salah satunya diunggah akun Instagram @info_ciledug.

“Bagi warga Ciledug dan Sekitarnya dihimbau untuk menghindari sepanjang Jl. Hos Cokroaminoto dan Jl. Ciledug Raya dari Cipulir sampai Giant Kreo Minggu (06/09/2020) malam ini. Sebab sedang berlangsung diduga tawuran antar ormas.Sementara belum diketahui penyebab terjadinya bentrokan tersebut,” demikian keterangan dalam unggahan itu. @fen

Baca Juga :  Penetapan Raperda Tidak Harus Menunggu Pelantikan Bupati Terpilih

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

RSHS Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Paslon Kepala Daerah

Sen Sep 7 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Bakal Calon (Balon) kepala daerah di Jawa Barat. Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah di Jawa Barat, Erwan Martanto mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dimulai hari ini, Senin (7/9/2020) tersebut dibagi menjadi beberapa gelombang sesuai jumlah yang didaftarkan […]