KTNA Rancaekek Berharap Ada Peningkatan dan Pemerataan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pertanian

Editor Para anggota KTNA Rancaekek tengah melaksanakan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier dipandu Iim Ibrohim Ketua KTNA Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung (foto kiri bawa)./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Iim Ibrohim Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bandung, melalui instansi terkait dalam penanganan sarana dan prasarana pertanian untuk membantu peningkatan pembangunan atau perbaikan sarana dan prasarana pertanian secara merata di semua desa di Kecamatan Rancaekek.

“Untuk itu, kami mengharapkan sekali masalah pembangunan sarana dan prasarana pertanian ini, khususnya di semua desa di Kecamatan Rancaekek supaya lebih merata. Mengingat, hamparan lahan pertanian padi di Kecamatan Rancaekek sangat luas,” kata Iim Ibrohim kepada VISI. NEWS di Rancaekek, Minggu (25/4/2021) malam.

“Kami memohon bantuan kepada instansi terkait, untuk membantu membangun atau perbaikan sarana dan prasarana pertanian di Kecamatan Rancaekek,” imbuhnya.

Ia juga mengaku bersyukur di sejumlah titik sudah dilaksanakan pembangunan sarana dan prasarana pertanian oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan di bidang pertanian. Dimana, katanya, pembangunan sarana dan prasarana pertanian itu sangat bermanfaat bagi para petani untuk menggarap lahan pertanian di Kecamatan Rancaekek.

“Apalagi saat memasuki musim kemarau, perbaikan maupun pembangunan sarana dan prasarana pertanian sangat menunjang. Semoga ke depannya, pembangunan-pembangunan di bidang pertanian khususnya di Kecamatan Rancaekek lebih meningkat. Dengan harapan produktivitas pertanian terus meningkat,” harap Iim Ibrohim.

Untuk itu, ia berharap kepada Pemerintah kabupaten Bandung, Provinsi Jabar, dan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI untuk meningkatkan pembangunan di bidang pertanian di Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Rancaekek.

“Supaya pertanian di Kecamatan Rancaekek lebih maju dan bisa mengimbangi daerah lain. Tidak lupa, kami mohon kepada pemerintah daerah untuk mempertimbangkan dan memperhatikan lahan pertanian di Kecamatan Rancaekek, supaya tidak habis akibat alih fungsi lahan,” tutur Iim Ibrohim.

Baca Juga :  Pakar Sarankan Paslon Kepala Daerah Lakukan Kampanye Daring

Untuk diketahui, lanjut dia, masyarakat Kecamatan Rancaekek sebagian besar merupakan buruh dan petani.

“Untuk itu, kami mohon kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan lahan pertanian di Kecamatan Rancaekek,” ujarnya.

Iim Ibrohim pun turut menjelaskan dengan adanya perbaikan dan pembangunan sarana pertanian memberikan manfaat yang cukup besar bagi para petani dalam menggarap lahan pertanian. Di antaranya, melalui kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT).

Berdasarkan informasi di lapangan, pelaksanaan kegiatan RJIT itu dengan sasaran untuk memperbaiki saluran air yang bocor sehingga penyaluran air tersebut bisa berjalan lancar. Maksud dan tujuan lainnya, untuk meningkatkan kinerja jaringan irigasi pedesaan

Manfaat lainnya, dapat meningkatkan areal tanaman dari 50 hektare menjadi 75 hektare, sehingga ada penambahan luas lahan 25 hektare dengan adanya kegiatan RJIT tersebut.

Manfaat lainnya, dapat meningkatkan produktivitas dari 5,7 ton/hektare menjadi 6,2 ton/hektare. Sasaran dari kegiatan RJIT yaitu diperolehnya infrastruktur irigasi yang baik dan lancar untuk mendukung program pertanian pada lahan usaha tani. Program ini sebagai suatu kegiatan produktif.

Dia menerangkan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kerja dan menambah penghasilan bagi penganggur dan setengah penganggur pada saat musim sepi panen atau kerja di masa pandemi dan pasca pandemi Covid-19 dengan menyentuh langsung kebutuhan publik sehingga dapat memberikan peningkatan produksi pertanian.

“Dengan adanya jalan usaha tani, tentu sangat membantu petani dalam menjalankan usaha taninya. Selain itu, yang membangun juga para petani sehingga rasa memiliki lebih tinggi untuk turut menjaganya,” terangnya. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Dadang-Sahrul Hari ini Dilantik, Kiat "Bergerak" dalam Kemenangan Pilkada 2020 Kab. Bandung

Sen Apr 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – “Kalau kita ingin memenangkan incumbent, terus bergerak dan bergerak, jangan pernah berhenti,” ujar Bupati Bandung 2021-2026 HM Dadang Supriatna, saat awal ‘perjuangan’ untuk memenangkan Pilkada Kab. Bandung, 9 Desember 2021 lalu. Dadang sahih mengatakan demikian, karena untuk kedua kalinya dia berhasil ‘mengalahkan’ incumbent. Pertama, saat ia berhasil […]