Kualitas Orang Menurut David J Schwartz dalam Buku ‘Berfikir dan Berjiwa Besar’

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Buku Berfikir dan Berjiwa Besar karya David J Schwartz merupakan salah satu buku motivasi terlaris di dunia. Buku ini mengajarkan bagaimana cara menjadi orang yang berpikir dan berjiwa besar, serta mampu mencapai tujuan-tujuan yang tinggi dalam hidup. Dalam buku ini, Schwartz mengungkapkan beberapa kualitas yang harus dimiliki oleh orang yang berpikir dan berjiwa besar, antara lain:

  • Percaya diri

Orang yang berpikir dan berjiwa besar harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, yaitu keyakinan bahwa mereka mampu melakukan apa yang mereka inginkan. Schwartz menulis, “Berpikir ragu, maka Anda akan gagal. Berpikir menang, maka Anda akan berhasil.”¹ Untuk meningkatkan kepercayaan diri, Schwartz menyarankan untuk selalu berpikir positif, mengingatkan diri sendiri tentang aset dan kelebihan yang dimiliki, dan menghindari pikiran-pikiran negatif yang merusak diri sendiri.

  • Berani mengambil risiko

Orang yang berpikir dan berjiwa besar tidak takut untuk mengambil risiko yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka. Mereka tidak membiarkan ketakutan akan kegagalan, kritik, atau penolakan menghambat langkah mereka. Schwartz menulis, “Orang yang berpikir dan berjiwa besar selalu bertindak. Mereka tidak menunggu kesempatan datang, tetapi menciptakan kesempatan sendiri.”² Untuk mengatasi ketakutan, Schwartz menyarankan untuk menghadapi ketakutan tersebut secara langsung, mempersiapkan diri dengan baik, dan berlatih melakukan hal-hal yang menantang.

  • Berpikir kreatif

Orang yang berpikir dan berjiwa besar selalu mencari cara-cara baru dan inovatif untuk menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, atau menciptakan nilai. Mereka tidak terpaku pada cara-cara lama yang sudah usang, tetapi terbuka untuk belajar dari orang lain, mencoba hal-hal baru, dan beradaptasi dengan perubahan. Schwartz menulis, “Orang yang berpikir dan berjiwa besar selalu berpikir di luar kotak. Mereka tidak terbatas oleh batasan-batasan yang dibuat oleh orang lain, tetapi membuat batasan-batasan mereka sendiri.”³ Untuk meningkatkan kreativitas, Schwartz menyarankan untuk selalu bertanya, mengamati, berimajinasi, dan bereksperimen.

Baca Juga :  Yayasan Gema Salam Pembina eks Napiter Dapat Hibah Mobil Operasional

Dengan memiliki kualitas-kualitas tersebut, orang yang berpikir dan berjiwa besar dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup mereka. Buku Berfikir dan Berjiwa Besar memberikan inspirasi dan motivasi bagi siapa saja yang ingin menjadi orang yang berpikir dan berjiwa besar.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tips Mendapat Pasangan atau Jodoh yang Baik

Sel Des 26 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Dalam mencari pasangan atau jodoh, banyak orang yang bingung dan ragu. Apakah orang yang kita pilih sudah sesuai dengan kriteria yang baik? Bagaimana cara mengetahui orang yang baik untuk kita? Allah SWT telah memberikan petunjuk tentang hal ini melalui firman-Nya di dalam Alquran. Salah satu […]