“Kube” dan “Pokdayapuan” di Desa Diajari Bersedekah Sampah

Para perempuan Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, berlatih mengelola sampah untuk membuat produk yang bernilai ekonomi dengan bimbingan tim dosen FEB-UNS./visi.news/dok.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, sejumlah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ((FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat FEB-UNS, melakukan pembinaan pengelolaan sampah dengan kegiatan pengembangan program sedekah sampah.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan jumlah sampah yang didonasikan para anggota Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan Kelompok Pemberdayaan Perempuan (Pokdayapuan) “Karya Mandiri”, Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Ketua tim pengabdian, Suryandari Istiqomah, menjelaskan kepada VISI.NEWS, Selasa (17/11/2020), kegiatan dengan sasaran para perempuan desa tersebut untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan sampah.

Tim melibatkan Kube dan Pokdayapuan “Karya Mandiri” yang merupakan kolompok terkecil di masyarakat desa agar peningkatan kesadaran masyarakat desa dalam pengelolaan sampah dapat dikembangkan kepada kelompok di wilayah lain.

“Tim juga menyiapkan video, di antaranya berupa tutorial pembuatan sofa dan meja dari sampah botol plastik. Video kita upload ke kanal YouTube ‘Pojok Berbagi Ndari’. Melalui link video tersebut, kita membina para mitra binaan agar memelajari dan mengembangkan pengelolaan sampah dan sedekah sampah kepada warga lain agar meluas,” tutur Suryandari.

Tim yang beranggota para dosen Program Studi (Prodi) Manajemen FEB UNS, di antaranya Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, Dra. Anastasia Riani Suprapti, Drs. Moch Amien Gunadi, dan Yeni Fajaryanti, menurut Suryandari, memberikan pelatihan sederhana yang mudah dilakukan para perempuan desa, seperti kebiasaan mengumpulkan dan memilah sampah rumah tangga melalui kegiatan Bank Sampah.

Kegiatan berikutnya, adalah meningkatkan kemampuan anggota kelompok untuk mengolah sampah menjadi produk lain yang lebih bernilai jual dibanding sampah mentah.

“Kegiatan diawali dengan pengenalan tentang program sedekah sampah. Melalui peningkatan jumlah sampah yang didonasikan para anggota Kube dan Pokdayapuan Karya Mandiri, sampah yang terkumpul di Bank Sampah dikelola untuk menghasilkan nilai tambah,” jelasnya.

Setelah pelatihan sejak September 2020 usai, tim melakukan evaluasi hasil melalui kegiatan lomba, di antaranya lomba pembuatan sofa dari sampah plastik yang diikuti 6 kelompok Kube, pada 20 September 2020 lalu.

Kegiatan tersebut mendapatkan perhatian dari aparat pemerintah setempat dan di sela kegiatan lomba, tim juga memberikan pelatihan tentang digital marketing untuk mendukung penjualan produk limbah sampah dihasilkan.

“Dari beberapa pelatihan yang telah dilaksanakan, diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Hasil pengumpulan sampah dan penjualan sampah, secara langsung maupun turunannya dapat digunakan untuk membiayai kegiatan sosial, seperti membantu keluarga yang tertimpa musibah, sumbangan kematian dengan menyediakan perlengkapan kain kafan dan sebagainya,” ungkap ketua tim pengabdian itu lagi.

Suryandari menambahkan, dalam kegiatan pelatihan yang tidak ada kaitan langsung dengan kesehatan tersebut, timnya juga melakukan sosialisasi penanggulangan penyebaran Covid-19.

Di setiap kesempatan, para anggota tim memberikan contoh agar seluruh peserta pelatihan tetap menerapkan protokol kesehatan, penggunaan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polri Pastikan Tak Beri Izin Keramaian Acara Reuni 212

Sel Nov 17 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Polri Brigjen Pol. Awi Setiyono memastikan bahwa Polri tidak akan memberikan izin keramaian acara Reuni 212 yang akan digelar pada 2 Desember 2020. “Kami tidak mengizinkan. Kami tidak mengeluarkan izin keramaian,” kata Brigjen Pol. Awi di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa […]