Kunjungan Kaesang ke PKS Dinilai Berpotensi Finalisasi Cagub Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta 2024, Ungkap Pengamat BRIN

Editor Kaesang saat Sambangi PKS./visi.news./diskursusnetwork
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Pengamat politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, menyebut kunjungan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ke kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Senin (8/7/2024) petang menjadi peluang untuk memfinalkan pencalonan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. Menurut Siti Zuhro, langkah ini penting mengingat syarat yang mewajibkan partai politik mengantongi 22 kursi DPRD DKI Jakarta untuk mencalonkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, sementara PKS saat ini hanya memiliki 18 kursi.

Siti Zuhro menyoroti bahwa deklarasi Anies-Sohibul tidak disambut baik oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), yang juga berpeluang mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. “Daripada deadlock, kan harus mencari teman, supaya kekurangan empat kursi lagi dari PKS harus terjawab jauh sebelum pendaftaran Agustus nanti,” kata Siti Zuhro pada Senin (8/7).

Meskipun demikian, Siti Zuhro menegaskan bahwa pertemuan antara elite PSI dan PKS masih sebatas penjajakan. Menurutnya, berbagai kemungkinan kerja sama politik masih terbuka menjelang Pilkada Serentak 2024. Siti Zuhro menyatakan, konstelasi politik dalam pilkada tidak selalu paralel dengan pilpres, sehingga partai yang berseberangan di pilpres seperti PKS dan PSI masih berpeluang untuk bekerja sama. “Pengalaman kita menunjukkan, selama pilkada sejak 2005, pilkada langsung, sampai 2020 itu senantiasa kohabitasi yang terjadi. Jadi tidak ada paralelism antara koalisi di pusat dan koalisi di daerah,” katanya.

Sementara itu, pada acara serupa, politikus PKS, Ismail Bachtiar, menyampaikan bahwa banyak hal yang dibahas antara elite PKS dan PSI dalam pertemuan pada Senin (8/7) sore itu. Selain kerja sama di Jakarta, Ismail juga menyinggung kemungkinan PKS mendukung Kaesang di Pilkada Jawa Tengah. “Ini adalah salah satu ruang, opsi-opsi yang kemungkinan kita kolaborasikan,” katanya.

Baca Juga :  Pelajar Ikut Demo Dikeluarkan Sekolah, Anies: Sudah Tidak Zaman Lagi

Juru bicara PSI, Ariyo Bimmo, menegaskan bahwa pihaknya tidak secara langsung menawari PKS untuk mendukung Kaesang dalam pertemuan tersebut. Ariyo menyebut pihaknya membuka diri untuk berkolaborasi di Pilkada Serentak 2024. Menurut Ariyo, fokus PSI saat ini adalah memastikan kepala daerah yang terpilih di Pilkada Serentak 2024 dapat mendukung program-program Prabowo-Gibran. “Yang penting bagi PSI adalah memastikan semua program kerja yang akan dilakukan oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran itu nanti in line dengan kepala-kepala daerah yang akan dipilih pada November 2024 nanti,” katanya.

@shintadewip

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pj. Sekda Sumedang Tuti Ruswati Ekspos Evaluasi AKIP 2024: Fokus pada Penurunan Stunting dan Kemiskinan

Sel Jul 9 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SUMEDANG – Pada Senin (8/7/2024), Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati, melaksanakan ekspos evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2024 secara daring di Gedung Negara. Acara ini dihadiri oleh para evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Dalam pemaparannya, Tuti Ruswati menyampaikan tindak […]