Kunjungi Dunia Pendidikan di Kabupaten Bandung, Ini Empat ‘Wah’ Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman

Editor Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman Sudiyo, S.Ag. M.Pd. saat menyampaikan kesannya di SDN Cingcin 01, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (28/7/2022) lalu. /visi.news/aep sa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Rombongan pengurus Dewan Pendidikan dan Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang berkunjung  ke Kabupaten Bandung, Kamis (28/7/2022) lalu, mendapatkan kesan mendalam. Setidaknya ini disampaikan ketua rombongan Sudiyo, S.Ag. M.Pd.

“Benar-benar ‘wah’ begitu mengunjungi sekolah ini. Wah pertama, sekolah ini siswanya 1.200. Di Kabupaten Sleman tidak ada sekolah yang punya siswa sampai 1.000 saja,” ungkap Sudiyo yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kab. Sleman saat menyampaikan kesannya di SDN Cingcin 01, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Hadir dalam kunjungan tersebut pemgurus Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung, Kasi Kurikulum Disdik Kab. Bandung H. Amim Meriatna, Kepala SDN Cingcin 01 Hj. Nuryati Suryani, para guru dan komite sekolah, dll.

‘Wah’ yang kedua, kata Sudiyo lebih lanjut, begitu memasuki sekolah itu seperti berada di hutan. “Wah, ini sekolah atau hutan. Pohon-pohonnya banyak dan rindang, udaranya sejuk dan segar,” ungkapnya

‘Wah’ yang ketiga, kata Sudiyo, mayoritas pengajarnya perempuan dan hanya sedikit sekali guru laki-laki. “Wah, yang ketika gurunya cantik-cantik, karena sebagian besar pengajarnya ternyata perempuan di sini yah,” ujar Sudiyo.

Dan, ‘wah’ yang terakhir, Sudiyo kagum dengan prestasi anak-anak didiknya yang bukan hanya berprestasi di tingkat Kabupaten Bandung, bahkan Jawa Barat dan akan ikut lomba tingkat nasional. “Wah, yang ke empat, tentu saja prestasi siswanya yang luar biasa ini,” ujarnya.

Rombongan dari Dinas dan Dewan Pendidikan Kab. Sleman ini, saat tiba di SDN Cingcin 01 Kecamatan Soreang ini disambut buket bunga yang dibawa dua orang siswi juara berpakaian khas daerah. Mereka kemudian menyaksikan pertunjukan seni yang ditampilkan pada guru dan siswa serta suguhan story telling tentang ‘Lutung Kasarung’ dari seorang siswi dalam bahasa Inggris.

Baca Juga :  Pembantaian Tak Kasat Mata di Gaza: Pekerja Bantuan Tewas dalam Jumlah Besar
Rombongan Dinas dan Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman foto bersama Kepsek dan para guru SDN Cingcin 01, Soreang, Kabupaten Bandung. /visi.news/ist

Kepala sekolah SDN Cingcin 01, Kecamatan Soreang, Hj. Nuryati Suryani mengatakan, pihaknya tidak ada persiapan khusus dalam menyambut rombongan dari Sleman, Jawa Tengah, tersebut. “Kami hanya diberitahukan satu hari menjelang kedatangan rombongan yang akan mengunjungi sekolah ini. Jadi nyaris tanpa persiapan dan apa adanya,” jelasnya seraya menyebutkan ia baru enam bulan menjabat kepala sekolah tersebut namun program yang ia canangkan dari awal bisa diimplementasikan secara efektif.

Pembiayaan & Sistem Pendidikan Baru

Rombongan Dinas dan Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman foto bersama pengurus Dewan Pendidikan Kab. Bandung di Aula Disdik Kab. Bandung di Soreang, Kamis (28/7/2022). /visi.news/ist

Sebelum mengunjungi sekolah tersebut, rombongan diterima jajaran pengurus Dewan Pendidikan dan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.

Dalam kunjungan tersebut, mereka ingin mendapatkan masukan-masukan terkait dengan implementasi pembiayaan dan sistem pembelajaran dengan kurikulum baru.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman Sudiyo, mengatakan bahwa penganggaran biaya Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman sampai saat ini masih numpang di Dinas Pendidikan.

“Kita belum seperti daerah lainnya menerima dana hibah tersendiri, sehingga sengaja kami ingin belajar dari Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung ini,” ujarnya.

Selain masalah anggaran, Sudiyo juga berharap mendapatkan banyak masukan mengenai implementasi sistem pembelajaran dengan kurikulum baru. “Asesmentnya itu seperti apa, ketika ada perbedaan antara sekolah yang satu dengan yang lain?,” ujarnya.

Dalam penjelasannya Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung Prof. Dadi Permadi, M.Ed. mengatakan bahwa Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung merupakan mitra Dinas Pendidikan. “Kebetulan dalam masalah anggaran kita juga sama berasal dari dana hibah yang dititipkan di Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Penanganan Stunting di Kab. Bandung, Kapolda Apresiasi Bupati dan Para Kades

Sebagai mitra, kata Prof Dadi, salah satu program yang sekarang sedang dijalankan mengenai penguatan dalam pendidikan karakter. “Pak Bupati berharap pendidikan karakter Pancasila terus disosialisasikan dan kita terjuan membantu penguatan pendidikan karakter ini,” ungkapnya.

Kasi Kurikulum Disdik Kab. Bandung H. Amim Meriatna memberikan banyak penjelasan mengenai sistem pendidikan dari mulai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kurikulum merdeka, dll.@asa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Evaluasi Pelaksanaan Haji, 50 Persen Jemaah Sudah Pulang ke Indonesia

Sab Jul 30 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MEKAH – Pelaksanaan haji tahun 2022 hampir usai. Hingga saat ini, setidaknya 50 persen jemaah haji asal Indonesia juga sudah meninggalkan Tanah Suci pulang ke Tanah Air. “Insyaallah pemulangan terus berlanjut, hari ini memasuki 50 persen. Kita ingin mengawal pemulangan sampai tidak ada kendala lagi baik keterlambatan […]