Kunjungi Pondok Pesantren Al Ittifaq Rancabali, Presiden Jokowi, “Ini bisa dijadikan role model”

Editor Presiden Jokowi didampingi Bupati HM Dadang Supriatna memberikan keterangan pada awak media saat mengunjungi Pontren Al Ittifaq, Jln. Ciburial, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (6/3/2023). /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CIWIDEY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (6/3/2023) mengunjungi Pondok Pesantren Al-Ittifaq, Jln. Ciburial, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung. Pontren ini cukup maju dalam pengelolaan koperasi dan usaha produk hasil pertanian dan perkebunannya.

“Ini bisa dijadikan role model, tinggal difotokopi saja,” ujarnya saat  berdialog dengan para petani, santri dan pimpinan Ponpes Al-Ittifaq.

Presiden Jokowi dalam dialog tersebut banyak mendengar masukan-masukan yang disampaikan oleh para petani dan pengelola koperasi. Setelah itu, ia memerintahkan Bank Indonesia serta Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh mereka.”Berapa pun uang dipinjam dari bank mana pun, kalau manajemen tidak bagus, ya bisa tutup,” ujarnya.

Presiden menyarankan pelaku koperasi berbasis pesantren untuk menginduk terlebih dahulu ke Kopontren Al-Ittifaq. “Nanti kalau sudah bisa lepas, bisa siplai sendiri ke supermarket lain,” ujarnya.

Dapat Dana Bergulir 

Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Supomo yang mendampingi Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Kopontren tersebut mendapat pembiayaan dana bergulir dengan prinsip syariah sebesar Rp. 18,3 miliar sejak 2020.

Menurut dia, Kopontren Al-Ittifaq didukung rantai pasok pangan produk pertanian dari 37 pondok pesantren di Jawa Barat. Ditambah 26 pondok pesantren lain di Lampung, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sebagai pemasok produk pertanian.

Sementara Bupati Bandung HM Dadang Supriatna yang juga mendampingi Presiden Jokowi mengatakan bahwa hasil pertanian Pondok Pesantren Al-Ittifaq, tidak hanya memenuhi pangan Kabupaten Bandung, namun didistribusikan juga ke sejumlah swalayan baik di Jawa Barat maupun nasional.

“Hari ini saya mendampingi Presiden RI dalam rangka meninjau Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ittifaq. Pak Presiden menilai, Al-Ittifaq berhasil memberikan contoh manajemen yang baik serta terencana dalam bisnis pertanian. Maka dari itu, upaya penguatan pertanian di Kabupaten Bandung diharapkan bisa membantu menjaga ketahanan pangan ,” ucap bupati.@alfa

Baca Juga :  Polwan dan Kowad Bersinergi Jaga Keamanan Penyelenggaraan KTT G20

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kepada Para Petani Jokowi ungkap Kesulitan Pupuk Terjadi disemua Negara

Sen Mar 6 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | RANCABALI – Presiden RI Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Al-Ittifaq di Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin (6/3/2023). Kunjungannya tersebut dalam rangka penetapan skema pembiayaan rantai pasok pangan berbasis koperasi. Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan Menteri […]