Lagi, Mobil Alami Rem Blong di Turunan “Tengkorak” Gentong

Editor Sebuah truk bermuatan roti mengalami rem blong dan tergelincir di jalur tengkorak Tanjakan Gentong./visi.news/ayi kuraesin.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sebuah truk bermuatan roti mengalami rem blong dan tergelincir di jalur tengkorak Tanjakan Gentong, tepatnya di Kampung Langkob, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat , Jumat (25/12/2020) sore.

Truk yang dikemudikan Yakim warga Ponorogo, Jawa Timur nyaris mendarat di dasar jurang berkedalaman 50 meter. Beruntung, truk tersangkut pagar pembatas dan tidak sampai meluncur ke jurang.

Dalam insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Sang sopir dan kernetnya hanya mengalami shok karena mobilnya nyaris saja terjun ke dasar jurang sedalam 50 meter.

Truk tersebut melaju dari arah Bandung menuju Tasikmalaya. Ketika memasuki lokasi kejadian, yang merupakan turunan curam dan menikung, tiba-tiba sang sopir hilang kendali. Rem truk tiba-tiba tak berfungsi.

Menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan dari arah berlawanan, sang sopir kemudian banting stir ke arah kiri. Nahas, ketika truk keluar dari badan jalan malah terperosok ke bibir jurang. Evakuasi truk masih berjalan. Muatan truk yakni roti dipindahkan terlebih dahulu.

Salah seorang saksi mata, Ujang Gunawan (36) mengatakan, truk tersebut melaju kencang dari arah atas. Ketika sampai di tikungan, truk tak bisa mengerem. Sang sopir hilang kendali, akhirnya truk tergelincir ke bibir jurang. 

“Sepertinya rem truk tak berfungsi, ditambah jalan licin. Sopir hilang kendali, hingga akhirnya truk terperosok,” kata dia.

Menurutnya, kecelakaan di jalur itu cukup sering. Sebelumnya, sepekan lalu terjadi kecelakaan yang melibatkan bus di lokasi yang sama yang nyaris saja terjun bebas ke dalam jurang kalau tak tertahan pepohonan.

Biasanya hal itu terjadi karena kondisi mesin dan ban terlalu panas sehingga menyebabkan fungsi rem berkurang. Selain itu sopir tidak memahami medan jalan, ungkapnya.

Baca Juga :  Polresta Bandung Gelar Press Release Catatan Kriminal Tahun 2020

Sopir truk tersebut, Yakim (43) mengatakan, ketika kejadian dirinya sudah berusaha membelokkan kemudi sambil menginjak rem. Namun, truk yang dikendarainya tetap melaju lurus dan masuk ke arah jurang.

“Membawa muatan roti dari Bandung untuk dibawa ke Ponorogo,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kadipaten, Polresta Tasikmalaya, AKP Erustiana mengatakan kendaraan Mitsubishi Fuso dengan nomor polisi N 9704 UU dengan muatan roti itu melaju dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Ketika memasuki turunan curam, tiba tiba setir kendaraan tidak bisa berbelok. Kondisi hujan juga membuat jalan licin, bahkan rem truk tidak berfungsi. Akibatnya, truk lepas kendali dan tersungkur nyaris masuk jurang.

“Saat ini truk sudah dievakuasi menggunakan dua unit truk kontainer. Korban jiwa maupun luka tidak ada, hanya kerugian materi,” ungkapnya. @arn

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Nama H. Asep Ikhsan Warnai Bursa Ketua DPD Partai Golkar Kab. Bandung

Jum Des 25 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – H. Asep Ikhsan, S.E., tokoh masyarakat yang juga Kader Partai Golkar, digadang-gadang masuk bursa calon Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Bandung. Selain H. Asep Ikhsan, nama-nama kandidat lainnya juga bermunculan, antara lain H. Deding Ishak, H. Yanto Setianto, H. Sugianto, H. Anang Susanto, dan Hj. Emma […]