Lahan Baku Sawah Nasional Susut 9%, Pemda Mesti Sudah Terapkan PL2B

Editor Irwan Abu Bakar/visi.news/ki agus
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah daerah/kabupaten mestinya sudah menerapkan Undang-Undang nomor 41 tahun tentang Petlindungan Lahan Pertanian Pangan Berjelanjutan (PL2B). Menurut anggota Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bandung, Irwan Abu Bakar, hal itu harus diimplementasikan segera berdasarkan Perda yang sudah diturunkan beberapa waktu lalu.

Menurut Irwan, Direktur Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah Kementerian ATR, Budi Situmorang, belum lama ini, mengakui, luas lahan baku sawah nasional telah menyusut 9% dalam lima tahun terakhir menjadi 7,1 juta hektar.

Bahkan menurut Irwan, ketika itu Budi menuturkan, lahan sawah begitu mudah berubah fungsi menjjadi perumahan, apartemen, SPBU, industri. Dia akan memverifikasi 7,1 juta hektar itu dengan berbagai variabel penyebab kemungkinan lahan itu bisa berkurang.

“Untuk Kabupaten Bandung sudah dilakukan penjagaan dan penertiban pemberian izin penggunaan lahan, dengan tujuan tidak ada penyalahgunaan lahan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan,” katanya diruang Fraksi, Jum’at (5/6/2020).

Ia, berharap saat pemberian izin divetifikasi evaluasi terlebih dahulu ke lokasi, untuk penyesuaian peruntukkan dan penempatannya. Biasanya dari Pemkab Bandung ada ahlinya.

Prosedural pemberian izin pun harus menempuh beberapa kriteria pemeriksaan, selain ke Bappeda, DPMPSPT, DLH, juga BPN. Jadi tidak semudah yang digambarkan orang selama ini.

“Bila kemudian terjadi pelanggaran, saya yakin pihak Pemkab Bandung tidak akan tinggal diam untuk segera menindak lanjutinya,” ujarnya. @qia

Baca Juga :  Jabar Kembali Usulkan Tiga Calon Daerah Otonomi Baru

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Febri Hariyadi Dapat Julukan Neymar Indonesia oleh Media Thailand

Jum Jun 5 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Penampilan gemilang bersama Persib Bandung dan Timnas Indonesia membuat Febri Hariyadi baru saja menghebohkan banyak media dari Thailand. Apalagi, ada salah satu klub raksasa Thailand, Muangthong United, yang dikabarkan telah melakukan negosiasi dengan Persib Bandung demi bisa mendaratkan Febri Hariyadi. Namun, seperti dilansir Indosport.com, akhirnya pihak Persib Bandung mengklarifikasi bahwa rumor […]