Layanan Masyarakat Kembali Normal Pascaserangan Siber PDN

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA –Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa layanan masyarakat telah kembali normal sejak 1 Juli 2024 setelah serangan siber ransomware yang menyerang Pusat Data Nasional (PDN) Sementara. Dalam pernyataannya di Kantor Kemenko Polhukam, Hadi menekankan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah ini. “Kita serius untuk menangani permasalahan PDNS di Surabaya. Yang pertama adalah memastikan pelayanan digital dapat berjalan kembali,” ujar Hadi pada Jumat (5/7/2024).

Hadi menambahkan, layanan masyarakat yang sempat terganggu kini sudah berjalan normal dan dapat dirasakan oleh masyarakat. “Per 1 Juli kemarin sudah berjalan normal, layanan masyarakat sudah bisa dirasakan oleh masyarakat. Walaupun kita terus meningkatkan kemampuan,” jelasnya. Ini menandakan upaya pemulihan yang cepat dan efektif dari pemerintah dalam menghadapi ancaman siber.

Mantan Panglima TNI ini juga menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan PDN. “Pemerintah saat ini terus meningkatkan kemampuan PDN pengganti PDNS 2 di Surabaya untuk bisa memiliki kemampuan back up berganda, back up berlapis dengan pengamanan yang baik. Sekarang terus dilakukan,” pungkasnya. Ini menunjukkan langkah preventif yang dilakukan untuk mencegah serangan serupa di masa depan.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi pihak-pihak yang dianggap lalai dalam menangani peretasan terhadap PDNS 2 Surabaya. Puan menekankan pentingnya tanggung jawab menteri dalam membantu tugas presiden. “Menteri merupakan seseorang yang ditunjuk untuk membantu tugas presiden dalam mengurus negara. Oleh sebab itu, jika dalam menjalankan tugasnya tidak maksimal, maka bisa dievaluasi oleh presiden,” ujarnya.

Dalam kasus ini, Menkominfo Budi Arie mendapat berbagai kritik dari publik terkait penanganan dan responsnya terhadap serangan siber tersebut. Evaluasi terhadap kinerja pejabat terkait diharapkan dapat memperkuat sistem keamanan data nasional di masa mendatang.

Baca Juga :  "Effleurage Massage Robot" Diciptakan untuk Mengusap Punggung Ibu Hamil

@shintadewip

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sinergi dan Estetika, Kunjungan DPRD Kabupaten Banten ke Depok dalam Penertiban Kabel Udara

Sab Jul 6 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KAB. BANTEN – Pada Jumat, (5/7/2024), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banten dari Komisi IV melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mempelajari regulasi serta strategi penertiban kabel udara yang telah diterapkan di kota tersebut. Ishak Sidik, salah […]