Legislator Ingatkan PJ Kepala Daerah Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Editor Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus saat menjadi pembicara dalam Diskusi Dialektika Demokrasi, di Kompleks Senayan./via dpr.go.id/runi/nr/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengingatkan para Penjabat (PJ) Kepala Daerah agar menjaga netralitasnya jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 sebagaimana diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014.

Hal itu, menurut Guspardi, merupakan amanah yang diberikan bangsa dan negara agar para PJ memberikan legasi kepada masyarakat berupa integritas dan netralitas.

“Sebab bagaimanapun masyarakat pasti menyorot kepala daerah, apa yang disuarakannya itu (harus) betul-betul sesuai antara ucapan dengan tindakan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali melakukan upaya-upaya menggiring para ASN untuk mendorong kepada calon tertentu untuk (memilih) presiden begitu juga kepada partai-partai tertentu,” jelas Guspardi usai Diskusi Dialektika Demokrasi, di Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022), seperti dilansir Parlementaria.

Oleh karena itu, tambahnya, menjadi kewajiban bagi para PJ ini memberikan pendidikan politik kepada para pemilih agar bagaimana menjadi pemilih yang cerdas.

“Apalagi (jika) PJ ini memberikan contoh yang tidak baik, bahwa pemilihan tidaklah begitu lama, setelah jadi purna dari kegiatan itu tentu dia akan diperbincangkan terhadap apa yang mereka lakukan. Oleh karena itu harus mawas diri, harus hati-hati, laksanakanlah pelaksanaan pemilu itu jujur dan adil,” tambah Guspardi.

Politisi Fraksi PAN ini juga mengingatkan pihaknya tak segan untuk menegur para PJ Kepala Daerah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) jika diketahui menunjukan sikap tidak netral.

“Insyaallah, saya pribadi akan minta klarifikasi dan minta juga kepada Pak Menteri Dalam Negeri agar ada surat edaran atau menegur pihak yang bersangkutan untuk hati-hati dalam menyikapi kegiatan-kegiatan yang bukan ranahnya dia sebagai PJ itu,” tutupnya. @fen

Baca Juga :  Jelang Mudik Lebaran, KPK Ingatkan Pejabat Negara Dilarang Pakai Fasilitas Dinas untuk Kepentingan Pribadi

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MAUNG BANDUNG | Trio Pemain Timnas U-20 Gabung Latihan

Kam Des 1 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Persib kembali mendapat tambahan amunisi dengan kembali bergabungnya tiga pemain Tim Nasional U-20 Indonesia. Ketiganya adalah Ferdiansyah, Robi Darwis, dan Kakang Rudianto. Sekkembalinya dari pemusatan latihan di Eropa, ketiganya bergabung pada sesi latihan Kamis 1 Desember 2022. Pelatih Fisik Persib, Yaya Sunarya mengatakan, tim pelatih […]