Legislator Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Vaksin Meningitis untuk Haji dan Umrah

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Rizal menyoroti kurangnya ketersediaan vaksin meningitis bagi pelaku perjalanan umrah, terutama di wilayah Provinsi Banten.

Hal ini disampaikan Rizal dalam Rapat Kerja komisi IX DPR RI bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono bersama jajaran Kementerian Kesehatan, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, pada Selasa (20/9/2022), dilansir dari laman resmi DPR RI.

“Saya dapat informasi pak, sekarang vaksin meningitis yang untuk berangkat haji dan umrah itu sudah kurang. Itu benar atau tidak? Apalagi di Banten, saya dapat informasi dari beberapa travel umrah mereka susah untuk mendapatkan itu. Mereka pergi ke beberapa tempat katanya habis atau memang tidak ada,” tanya Rizal seraya menyampaikan laporan yang didapatkannya dari beberapa agen perjalanan umrah di daerah pemilihannya, dilansir dari laman resmi DPR RI.

Legislator dapil Banten III ini meminta pemerintah untuk mencukupi ketersediaan vaksin meningitis terutama dengan kembali maraknya pemberangkatan jemaah umrah beberapa waktu ini. Dilansir dari Situs Kementerian Agama, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka permohonan visa umrah untuk tahun 1444 H pada 14 Juli 2022 lalu atau setelah puncak penyelenggaraan ibadah haji 1443 H.

“Nah ini kami mungkin mohon perhatian dari Kemenkes terutama di wilayah kami, di wilayah Banten supaya ini disediakan yang cukup, karena sekarang umrah sudah cukup berjalan ramai. Saya kira mungkin untuk menjadi perhatian dari Kemenkes untuk masalah vaksin meningitis ini,” tutur politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Meningitis disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis atau yang dikenal dengan meningokokus yang bisa menimbulkan peradangan selaput otak. Arab Saudi pernah menjadi negara endemik terjadinya penyakit meningitis meningokokus oleh karena itu hingga kini pemerintah setempat masih mewajibkan pendatang untuk melakukan vaksin meningitis sebelum masuk ke negara tersebut. @fen

Baca Juga :  Pimpinan Komisi II DPR Nilai Usulan Pemajuan Jadwal Pilkada Sah-sah saja

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Vladimir Putin Kerahkan 300.000 Tentara Cadangan untuk Perangi Ukraina

Kam Sep 22 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | LONDON – Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Rabu (21/9) memanggil 300.000 pasukan cadangan untuk berperang di Ukraina dan mengatakan Moskow akan menanggapi dengan kekuatan dari semua persenjataannya yang luas jika Barat mengejar apa yang disebutnya “pemerasan nuklir” atas konflik di sana. Itu adalah mobilisasi pertama Rusia […]