Libur Lebaran Puskesmas di Surabaya Tetap Buka

Editor Puskesmas Kalirungkut Surabaya. /visi.news/redho fitriyadi
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SURABAYA – Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina, menyatakan seluruh Puskesmas tetap buka selama libur Lebaran 2022. Pelayanan puskesmas bisa diakses masyarakat seperti biasa pada 29 April, 4-6 Mei 2022.

“Jam bekerja pada 29 April 2022, mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Kemudian, libur cuti bersama pada 4-5 Mei 2022 mulai pukul 07.30-14.30 WIB dan tanggal 6 Mei 2022 mulai pukul 07.30-11.30 WIB,” kata Nanik di Surabaya, Sabtu (30/4/2022).

Sedangkan untuk libur nasional tanggal 2-3 Mei 2022, puskesmas buka mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Kemudian, selama libur cuti bersama dan libur nasional, pelayanan puskesmas pada sore hari ditutup.

“Tetapi puskesmas tetap siap berjaga atau on call selama 24 jam, jika terjadi kasus gawat darurat/bencana,” ungkap dia.

Nanik memastikan pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas tetap berjalan seperti biasanya. Setiap petugas puskesmas, juga ikut siaga dan berjaga pada setiap posko kesehatan.

Sedangkan untuk layanan vaksinasi, sejak tanggal 27 April sampai dengan tanggal 10 Mei 2022, puskesmas juga membuka layanan terintegrasi dengan P3K untuk melakukan vaksinasi booster (dosis 3) di Pos Polisi Bundaran Waru Cito.

“Layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga Kota Surabaya. Puskesmas juga tetap membuka layanan vaksinasi, masyarakat bisa mendaftar terlebih dahulu ke Puskesmas, yang selanjutnya akan dijadwalkan,” katanya.

Selain itu, Dinkes Kota Surabaya terus berupaya mengantisipasi lonjakan kasus aktif Covid-19 setelah libur cuti bersama dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Yakni, dengan tetap konsisten melakukan beberapa langkah untuk menurunkan risiko penularan kasus. Khususnya di ruang lingkup keluarga, tempat kerja, tempat belajar dan lingkungan masyarakat.

“Pertama adalah tetap melakukan penerapan prokes new normal di setiap bidang. Seperti keagamaan, pendidikan, industri dan transportasi,” katanya.

Baca Juga :  Jaksa Agung Rotasi 45 Pejabat, Ade Eddy Adhyaksa Jadi Sekretaris Jamintel

Kedua, adalah penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk mengakses tempat-tempat umum dan layanan publik lainnya. Ketiga, menerapkan surveilans aktif secara berkala, khususnya pada closed population (tempat kerja, sekolah, hotel, mall) setiap bulan.

“Keempat, melaksanakan assessment dan mitigasi untuk tempat-tempat umum, perayaan atau acara yang melibatkan peran Satgas Covid-19. Kelima, tetap mengoptimalkan peran Satgas Kampung Wani Jogo Suroboyo dalam melakukan pengendalian kasus Covid-19 berbasis wilayah,” ujarnya.

Keenam, memastikan kesiapan tenaga kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Surabaya. Ketujuh, menyiapkan ketersediaan APD beserta obat-obatannya di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Surabaya. Kedelapan, menyediakan keterisian tempat tidur di Rumah Sakit lebih dari 65 persen.

“Dan kesembilan, adalah melakukan deteksi dini. Dengan memberikan himbauan kepada warga yang akan atau setelah bepergian dari luar kota, agar melaporkan ke Satgas Covid-19 di masing-masing RT/RW. Serta melakukan swab ke puskesmas sesuai wilayah,” pungkasnya.@redho

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Jojo dan Ganda Putra Indonesia Segel Tiket ke Final Bulutangkis Asia 2022

Sab Apr 30 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | FILIPINA – Jonatan Christie mewujudkan ambisinya menyegel tiket ke final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2022, setelah di semifinal menaklukkan rekannya, Chiko Aura Dwiwardoyo melalui pertarungan tiga set 21-19, 18-21, 21-16. Bertanding Muntinlupa Sports Complex, Manila, Sabtu (30/4/2022) petang, kedua pebulutangkis Indonesia yang turun di nomor tunggal putra ini, […]