Libur Panjang, Polda Jateng Himbau Masyarakat Agar Terapkan Protokol Kesehatan

Editor Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna. /visi.news/suroto anto saputro
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Jelang libur panjang pada 28 Oktober s/d 1 November 2020, Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV Diponegoro dan Pemprov Jateng persiapkan  operasi pengamanan dan protokol kesehatan.

Polda Jateng fokus pada pemantauan dan pengamanan jalur dan obyek wisata untuk mengantisipasi libur panjang.

Petugas gabungan lintas sektor Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro dan Pemprov Jateng akan membuat posko pantau Jalur dan pos bergerak di sejumlah Jalan Tol maupun Jalan Pantura dan lokasi wisata yang diperkirakan dipadati masyarakat.

Diprediksi, pergerakan masyarakat dari daerah asal akan mulai pada Selasa (27/10/2020) karena pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu (28/10) dan Jumat (30/10/2020) sebagai hari libur. Sementara, peringatan Maulid Nabi Muhammad SSW jatuh pada hari Kamis (29/10/2020).

Kenaikan jumlah kendaraan yang masuk, diperkirakan mencapai 10 persen hingga 40 persen, dari jumlah biasa, khususnya pada liburan Maulid Nabi Muhammad 2020.

“Pos pantau tersebut didirikan untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas dan melakukan rekayasa lalu lintas, bilamana terjadi kenaikan jumlah kendaraan. Untuk kewilayahan, kami berkoordinasi dengan Polres, kita lakukan pos bergerak, nanti kita mobile,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna.

Ia mengatakan, saat libur panjang nanti diperkirakan akan ada arus mudik, dimana masyarakat akan keluar Semarang ataupun yang masuk ke Jawa Tengah dari Jakarta dan Surabaya.

“Libur panjang kita sudah mempersiapkan personil dalam rangka Operasi Zebra ya, diperkirakan libur panjang terjadi arus mudik ya.” Jelas Kabid Humas.

Kombes Pol Iskandar lebih lanjut menambahnya, selain soal pengamanan dan lalu lintas, pihaknya juga akan fokus pada protokol kesehatan Covid-19. Semua kendaraan dan masyarakat yang masuk wilayah Jawa Tengah akan di cek penggunaan masker, jumlah penumpang di dalam kendaraan harus sesuai dengan prokes yakni 50 persen dari kapasitas, dan di dalam kendaraan harus dilengkapi antiseptik atau hand sanitizer.

Baca Juga :  Noorcholis: Anies Pernah Pimpin Mahasiswa se Indonesia Melawan Soeharto

“Kita utamakan protokol kesehatan, mulai dari mengecek kendaraan, semua orang yang akan melintas baik di jalan tol maupun di jalan-jalan utama, kita pastikan mereka menggunakan masker, menjaga jarak. Artinya di dalam kendaraan itu tidak boleh terlalu padat, kemudian tersedianya antiseptik juga di kendaraan,” ujarnya.

Sesuai koordinasi antar instansi, katanya, akan dilakukan rapid test secara sampling. Pelaksanaannya akan dikonsentrasikan di Gerbang Tol Kalikangkung. Selain di lokasi tersebut, pelaksanaan tes cepat Covid-19, juga dilakukan di sejumlah obyek wisata.

Secara nasional, pada 27-28 Oktober 2020 kendaraan bersumbu lebih dari tiga, dari arah barat, dilarang masuk tol. Mereka akan dibelokkan dari Cikarang Barat kemudian masuk lagi di Palimanan.

Hal itu berlaku sebaliknya pada 31 Oktober sampai 2 November 2020, kendaraan bersumbu lebih dari tiga, dari timur akan keluar dari Palimanan empat, dan masuk lagi di Tol Cikarang Barat.

Tidak ada pembatasan masuk di wilayah Provinsi Jawa Tengah, saat libur panjang. Selain itu, tidak dipersyaratkan adanya surat hasil rapid test, ketika hendak masuk ke Jateng.

“Jagalah kesehatan anda, jangan ciptakan klaster baru. Liburan boleh, tapi tetap terapkan protokol kesehatan. Jaga jarak dengan orang asing supaya tak ada klaster keluarga. Tetap sehat, liburan bisa dilakukan di rumah tidak harus keluar kota” pungkas Kabidhumas.@anto.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jelang Hari Jadi Ke-69, Bidhumas Polda Jateng Bantu Warga Tak Mampu

Sab Okt 24 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dalam rangka Hari Jadi Humas Polri ke-69, yang jatuh pada setiap tanggal 30 Oktober, Bidhumas Polda Jawa Tengah melaksanakan bakti sosial (Baksos) bantu warga tidak mampu dan terdampak Covid-19 di Semarang Jawa Tengah, Jum’at (23/10/2020). Kegiatan baksos hari ini, dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Jateng Kombes […]