Liga 1 2021 Hanya Boleh Main Jumat, Sabtu, dan Minggu

Editor Liga 1 hanya akan dimainkan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu./antara/yulius satria wijaya/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Konsep kompetisi Liga 1 2021 kembali mengalami perubahan, setelah pemerintah mengevaluasi tiga laga awal, yakni hanya boleh menggelar laga dalam tiga hari yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, dalam jumpa pers secara virtual, Selasa (31/8/2021).

Hal ini disebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021.

Praktiknya, kompetisi akan berlangsung hanya dalam tiga hari, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Dengan kata lain dalam satu hari akan ada tiga pertandingan. Untuk tiga pertandingan per hari tersebut PT LIB menyiapkan lima stadion.

Kelima stadion tersebut adalah Gelora Bung Karno dan Stadion Madya di Senayan, Pakansari di Bogor, Wibawa Mukti di Bekasi, dan Indomilk Arena di Kabupaten Tangerang. Stadion di Bandung untuk sementara belum bisa digunakan.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 38 Tahun 2021 itu, kami sudah diberi kesempatan menggelar sembilan pertandingan setiap satu minggu di daerah yang level 3 dan level 2. Kami akan implementasikan ini,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sujarno, dilansir CNN Indonesia.

Jika hal ini diterapkan hingga akhir musim, Liga 1 2021/2022 bisa molor panjang. Kalau asumsinya per pekan sembilan laga, kompetisi musim ini yang terdiri dari 306 pertandingan baru akan rampung pada akhir April 2022.

Itu belum termasuk jeda antar-seri yang bisa berlangsung sepekan hingga dua pekan, termasuk juga kalender FIFA, dan agenda nasional yang tak bisa diganggu. Artinya ada kemungkinan Liga 1 rampung pada Mei atau awal Juni 2022.

Berkaca dari musim-musim sebelumnya, jadwal pertandingan musim ini sangat berbeda. Pada musim 2017-2019, umumnya per hari hanya ada dua pertandingan. Biasanya tiga laga sehari hanya berlangsung pada hari Sabtu.

Baca Juga :  Pentingnya Peran Juleha Edukasi Masyarakat agar Konsumsi Makanan Halal dan Sehat

Selanjutnya, sembilan pertandingan per pekan pada musim-musim sebelumnya berlangsung di sembilan stadion. Kini sembilan laga tersebut hanya bisa dilangsungkan di lima stadion, yang bisa membuat lapangan dalam kondisi tidak ideal.

“Kami membuat perencanaan, awalnya kan 20 (Agustus) mulai kompetisi, lalu diundur 27. Tentunya ada bagian-bagian yang ada mundur juga. Sekarang sedapat mungkin kita mengakselerasi agar kompetisi bisa rampung pada April,” ucap Sujarno. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lemari pun Kini Merambah Penjualan Sistem Online

Rab Sep 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pandemi Covid-19 telah menjalar ke semua sektor kehidupan, termasuk ekonomi. Hal ini banyak dirasakan oleh para pengusaha baik menengah ke atas maupun ke bawah. Hal itu diakui oleh Andi (37), salah seorang pelaku UKM (usaha kecil menengah) pembuat beragam jenis mebel seperti lomari asal Kampung Babakan RT/RW […]