Lima Kali Berturut-turut Rumah Amal Salman Dapat WTP

Editor Rumah Amal Salman meraih predikat opini audit keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun 2021./via jabarprov.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Rumah Amal Salman meraih predikat opini audit keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan tahun 2021. Predikat opini audit keuangan WTP ini merupakan kali kelima yang diraih Rumah Amal Salman untuk laporan keuangan selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2017.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, semua lembaga amil zakat harus bersedia diaudit syariat dan keuangan. Rumah Amal sebagai lembaga yang sadar akan hukum tentu mengikuti semua prosedur yang diimbaukan oleh pemerintah.

Selain itu, memberikan rasa aman kepada donatur yang menitipkan hartanya di Rumah Amal menjadi bentuk pertanggungjawaban.

“Donatur berhak merasakan keamanan ketika menitipkan zakatnya kepada suatu lembaga. Rumah Amal Salman berkomitmen untuk memenuhi asas tersebut dalam pengelolaannya. Diaudit oleh akuntan publik merupakan ikhtiar kami untuk menjaga kepercayaan donatur,” kata Direktur Rumah Amal Salman Muhammad Kamal Muzakki, dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar.

Selain teraudit oleh akuntan publik, Rumah Amal Salman juga terakreditasi A dan memperoleh predikat opini audit syariah “Sesuai Syariah” dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Di tahun 2021, dalam rangka membantu menanggulangi dampak Covid-19, Rumah Amal bersama para donatur berupaya membantu 279.146 penerima manfaat terdampak Covid-19 melalui program #pulihbersama.

Salah satu program yang sangat berdampak bagi masyarakat adalah program vaksinasi. Hampir ¼ juta vaksinasi, baik itu yang dilaksanakan di sentra vaksin atau pusat-pusat vaksin di Indonesia, Rumah Amal selalu mendukung di dalamnya.

Selain itu, di tahun 2021 juga pada program kebencanaan, Rumah Amal bersama tim ahli ITB membuat rancangan siteplan relokasi untuk korban erupsi Semeru. Rancangan tersebut telah digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.
Sampai saat ini, kurang lebih 234 unit huntara dan 635 unit huntap sudah dibangun di atas tanah Lumajang.

Baca Juga :  Menuju Endemi Jika Kasus Covid-19 Tak Naik Setelah Mudik Lebaran

Sedang pada program pendidikan, penerima beasiswa di Rumah Amal jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu jiwa. Dari mulai program kaderisasi yang ada di Masjid Salman, beasiswa – beasiswa yang memang menjadi program utama Rumah Amal, hingga kebermanfaatannya mencangkup beberapa daerah di Indonesia.

Tahun 2021 juga, Rumah Amal berhasil meluluskan siswa SMA yang memiliki potensi ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri, khususnya di ITB. Ada sekitar 200 penerima manfaat beasiswa yang saat ini sedang berkuliah di ITB.

Banyaknya program yang digalakkan tentunya menambah luas penerima manfaat Rumah Amal Salman. Semua pencapaian ini tidak lepas dari kontribusi zakat dan sedekah yang dititipkan oleh para donatur.

Di momen Ramadan 1443 Hijriah ini pula, Rumah Amal Salman memiliki beberapa program istimewa untuk menyemarakkan bulan mulia ini. Seperti berbagi makanan berbuka dan sahur untuk jemaah dan masyarakat umum, sedekah Al Quran untuk pelosok, kado lebaran untuk yatim dan lansia, renovasi masjid pelosok agar lebih berkesan, termasuk program fidiah dan zakat fitrah.

Dengan diraihnya lagi predikat opini audit keuangan WTP tahun ini, Rumah Amal Salman mengajak masyarakat untuk menitipkan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Rumah Amal Salman yang beralamat di Kompleks Masjid Salman ITB, Jalan Gelapnyawang No. 4, Bandung, atau bisa mengunjungi website rumahamal.org.

“Insyaallah kami tetap amanah,” tutup Muhammad Kamal Muzakki. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sinergi KPU-Jurnalis Sukseskan Pemilu 2024

Ming Mei 1 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Hubungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan jurnalis telah berjalan harmonis sejak lama. Menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024, relasi yang telah baik terus dijaga untuk menyukseskan proses demokrasi serentak tersebut. Dan pada Selasa (26/4/2022), bertempat di Media Center KPU RI, berlangsung pertemuan Ketua, Anggota dan […]