Literasi Berperan Penting dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

Editor Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi. /visi.news/engkos kosasih
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BALEENDAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) melaksanakan sosialisasi peningkatkan literasi masyarakat di Gedung Serbaguna Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Rabu (20/12/2023).

Pada kesempatan itu hadir Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi, Camat Baleendah, Kepala Desa Rancamanyar, Bunda Literasi Desa Rancamanyar, para Bunda Literasi RW Desa Rancamanyar dan Duta Baca Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi turut menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Desa Rancamanyar beserta jajarannya yang telah menggunakan ruang serbaguna desanya dipergunakan untuk pelaksanaan sosialisasi peningkatan literasi masyarakat ini.

“Saya berpandangan bahwa hal ini merupakan bentuk kepedulian dari Kepala Desa Rancamanyar beserta jajarannya dalam upaya peningkatan literasi masyarakat Desa Rancamanyar,” kata Teguh dalam sambutanya.

Teguh mengungkapkan bahwa literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara efektif.
“Literasi tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah dan berkomunikasi,” katanya.

Ia mengatakan literasi memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Literasi dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses informasi dan pengetahuan literasi memungkinkan masyarakat desa untuk mengakses informasi dan pengetahuan dari berbagai narasumber, baik dari buku, majalah, internet maupun media lainnya.

“Informasi dan pengetahuan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, misalnya untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, pertanian, atau wirausaha,” jelasnya.

Teguh menyebutkan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah literasi dapat membantu masyarakat desa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.

“Kemampuan ini penting untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  KHUTBAH JUMAT | Mewaspadai Bahaya Narkoba bagi para Pemuda

Dikatakan Teguh, meningkatkan produktifitas dan kreativitas literasi dapat membantu masyarakat desa untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

“Kemampuan membaca dan menulis yang baik dapat membantu masyarakat desa untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, misanya karya tulis, karya seni, atau karya teknologi,” katanya.

Teguh mengungkapkan bahwa meningkatkan partisipasi dalam masyarakat literasi dapat membantu masyarakat desa untuk berpartisipasi secara aktif dalam masyarakat.

Dengan literasi, disebutkannya, masyarakat desa dapat memahami berbagai isu-isu yang terjadi di masyarakat dan dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang dapat memajukan masyarakat.

Oleh karena itu, kata Teguh, peningkatkan literasi masyarakat desa merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan peningkatkan literasi masyarakat desa dapat dilakukan melalui berbagai upaya. Antara lain meningkatkan jumlah perpustakaan desa.
“Perpustakaan desa merupakan sarana yang penting untuk meningkatkan literasi masyarkat desa,” katanya.

Oleh karena itu, ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bandung dalam hal ini Dispusip Kabupaten Bandung mendorong pembangunan perpustakaan desa di setiap desa.

Teguh mengungkapkan bahwa meningkatkan kualitas layanan perpustakaan desa. Perpustakaan desa perlu menyediakan koleksi buku dan bahan bacaan yang berkualitas, serta menyediakan layanan perpustakaan yang memadai, meningkatkan kegiatan literasi di desa. Selain perpustakaan desa, kata Teguh, pemerintah desa juga perlu meningkatkan kegiatan literasi di desa, misalnya melalui kegiatan baca bersama, lomba menulis atau diskusi buku.

“Peningkatan literasi masyarakat desa akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembangunan bangsa. Selain itu masyarakat desa yang memiliki literasi yang tinggi akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa,” katanya.

Teguh mencontohkan petani yang memiliki literasi yang tinggi akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang teknik budidaya pertanian.
“Hal ini dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraaan petani,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Pers Keluarkan Larangan Wartawan Minta-Minta THR kepada Siapapun

Tak hanya itu, imbuhnya, pengusaha yang memiliki literasi yang tinggi akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang pasar dan persaingan. “Hal ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan usahanya,” katanya.

Menurutnya, anak-anak yang memiliki literasi yang tinggi akan memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Hal ini dapat membuka peluang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan pekerjaan yang lebih baik di masa depan.

Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat desa, dikatakannya, Pemkab Bandung dalam hal ini Dispusip telah melakukan berbagai upaya, antara lain pengukuhan Bunda Literasi di tingkat kecamatan, desa dan RW. Selain itu melaksanakan jelajah literasi asyik (Jelita), manajemen arsip mulia dari keluarga (Marimar), gerakan tertib arsip dan sasakala desa (Getar Rasa), gerakan wakaf buku ASN.

“Dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya literasi, membuat literasi lebih menarik dan membuat literasi lebih mudah diakses,” harapnya.

Teguh berharap kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya Desa Rancamanyar tentang pentingnya literasi.

“Saya juga berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat Desa Rancamanyar untuk meningkatkan minat baca dan literasi,” pungkasnya.

@kos

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

17 Warga Binaan Rutan Perempuan Surabaya Ikuti Program Hapus Tato

Rab Des 20 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SIDOARJO – Rutan Perempuan Surabaya Kanwil Kemenkumam Jatim menggelar kegiatan hapus tato bagi warga binaan, Rabu (20/12/2023). Sebanyak 17 warga binaan mengikuti kegiatan hasil kerjasama dengan Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF), Youth Care dan Better Youth Foundation itu. Para warga binaan yang mengikuti kegiatan ini telah menjalani […]