LovePink Jadikan Istri-Istri Pengemudi dan Karyawan Perempuan Bluebird Agen Edukasi Risiko Kanker Payudara

Silahkan bagikan

 

VISI.NEWS | JAKARTA – Masih dalam suasana bulan peringatan Hari Perempuan Internasional, PT Blue Bird Tbk gandeng Yayasan Daya Dara Indonesia (Daya Dara Indonesia (LovePink)), sebuah organisasi nirlaba yang fokus terhadap deteksi dini kanker payudara, untuk meningkatkan kesadaran para lulusan Kartini Bluebird serta karyawan dan pengemudi perempuan mengenai risiko dan langkah pencegahan dini kanker payudara melalui edukasi sejak dini. Dalam kesempatan yang sama, keduanya juga mengajarkan dan menyediakan fasilitas untuk mendeteksi kanker payudara dengan metode Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri), dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis).

Berdasarkan data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang memiliki kontribusi tertinggi terhadap prevalensi kanker pada perempuan di Indonesia.

Oleh karena itu, KemenPPPA mendorong masyarakat agar dapat lebih meningkatkan kesadaran terhadap resiko kanker payudara.

Data Global Burden of Cancer Study
(Globocan) WHO Tahun 2020 menunjukkan bahwa total penderita kanker di Indonesia sebanyak 0,14% dari jumlah penduduk Indonesia, dengan jumlah penderita wanita lebih banyak dibanding penderita laki–laki, dan prevalensi kasus paling banyak dalam lima tahun terakhir adalah kanker payudara, yaitu sebanyak 201.143 kasus. Lebih lanjut data tersebut juga menunjukkan bahwa jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia, dan menyumbang 22 ribu jiwa kasus kematiannya.

Komisaris Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo mengatakan, “Bluebird lahir dari sosok seorang ibu yang melekatkan nilai kepedulian kepada keluarganya. Layaknya seorang Ibu yang ingin melihat keluarganya sehat dalam menemui perkembangannya, Bluebird selalu berupaya menghadirkan langkah positif bagi keberlangsungan
kehidupan seluruh keluarga besarnya, termasuk pengemudi dan karyawan perempuan serta kepada para istri-istri dari pengemudi Bluebird. Kami percaya, dengan memberdayakan perempuan di lingkungan keluarga besar Bluebird, Perusahaan dapat semakin memperkuat dampak sosialnya bagi lebih banyak lagi masyarakat di luar sana.”

Baca Juga :  Publisher Rights, Apa Itu? 

Melalui kolaborasi dengan LovePink, Bluebird berupaya mendukung pemberdayaan perempuan di keluarga besar Bluebird, terutama para lulusan Kartini Bluebird, tak hanya dalam sisi pengembangan kemampuan, namun juga dalam hal sisi kesehatan melalui edukasi yang komprehensif akan dampak dari kanker payudara serta langkah-langkah pencegahannya dengan berbagai metode yang ada seperti Sadari dan Sadanis. Dengan begitu, Bluebird berharap setiap perempuan yang ada di keluarga besar Bluebird dapat menjadi agen-agen sosial yang turut meneruskan pengetahuan ini kepada orang-orang terdekatnya juga mengajak seluruh pihak untuk menyebarkan secara luas kesadaran dini akan risiko kanker payudara kepada orang terdekat mereka.

Sementara itu, Tri Oetami, Wakil Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia (LovePink) mengatakan, “Sejalan dengan visi LovePink ‘Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut pada 2030’, pada kesempatan ini kami menyelenggarakan diskusi edukatif serta menyediakan fasilitas deteksi dini kanker payudara bagi para perempuan di lingkungan Bluebird. Kami mengapresiasi kepedulian Bluebird akan kesehatan para perempuan di lingkungan operasionalnya dan berterima kasih kepada atas inisiasinya berjuang bersama kami dalam memperluas edukasi seputar kanker payudara. Harapan kami adalah agar lebih banyak insan perempuan yang sadar dan terinspirasi serta memiliki energi positif untuk mencintai diri sendiri

dalam segala situasi.”

Acara ini juga merupakan rangkaian apresiasi kepada 34 lulusan dan angkatan terbaru Kartini Bluebird dalam kelas Tata Boga dan Tata Busana. Kartini Bluebird yang merupakan bagian dari program Bluebird Peduli pada pilar visi keberlanjutan BlueLife adalah sebuah program pemberdayaan perempuan melalui peningkatan kemampuan dalam bidang tata busana dan tata boga yang ditujukan kepada istri dan anak perempuan pengemudi. Hingga saat ini Kartini Bluebird telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 400 istri-istri pengemudi Bluebird.

Baca Juga :  USWAH: Pesan dari Kuburan

Melalui program ini Bluebird bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan kemampuan tambahan kepada istri dan anak pengemudi agar dapat membantu perekonomian keluarga.

“Melalui program ini, kami menyelenggarakan berbagai kelas-kelas menjahit dan tata boga, dengan tujuan membentuk mental yang tangguh dan keterampilan yang baik bagi pada ‘kartini’ masa kini, sehingga mereka bisa lebih berdaya dalam kewirausahaan dan mandiri secara finansial. Pemberdayaan perempuan adalah salah satu aspek sosial yang sangat kami perhatikan demi meningkatkan kualitas hidup keluarga pengemudi dan karyawan,” tutup Noni.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kemenkumham Jatim Gandeng Pemprov dan Telkom Untuk Optimalkan Pemanfaatan SPBE

Sel Mar 21 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Penerapan pemerintahan digital di Kemenkumham memungkinkan terjadinya kolaborasi antar unit. Baik dalam internal Kemenkumham maupun dengan unit eksternal. Untuk itu, Kemenkumham Jatim akan menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan PT Telkom untuk mengoptimalkan pemanfaatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Kami siap berkolaborasi dalam optimalisasi SPBE […]