LPSK dan BNPT Teken MoU soal Perlindungan Korban Terorisme

Editor :
1
Ilustrasi/liputan6.com.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terkait perlindungan korban terorisme.

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo dan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar di Kantor LPSK, Jakarta, Kamis (28/5).

Acara tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19 yakni dengan physical distancing, menggunakan masker, serta hanya dihadiri sejumlah orang.

“Kami berharap dengan adanya MoU ini, kerja sama kedua lembaga yang selama ini sudah berjalan dengan baik, bisa lebih ditingkatkan,” ujar Hasto, seperti dilansir Liputan6.com.

Dia menjelaskan, ruang lingkup nota kesepahaman di antaranya meliputi koordinasi pelaksanaan program perlindungan dan pemulihan korban, penerbitan surat penetapan korban terorisme, pembentukan Satgas pemulihan korban terorisme, pertukaran data dan informasi korban terorisme, serta upaya peningkatan kapasitas SDM kedua pihak.

“Subjek perlindungan dalam MoU ini bukan hanya untuk korban, namun meliputi saksi, pelapor, dan ahli tindak pidana terorisme,” ucap Hasto.

Dia berharap, BNPT dapat merancang sebuah program kerja untuk membantu pemulihan korban terorisme dari segi layanan medis, psikologis, dan psikososial yang sifatnya lebih jangka panjang.

Sebab, sesuai dengan aturan yang ada, limitasi waktu layanan yang bisa diberikan LPSK kepada korban hanya untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun. Sedangkan, LPSK kerap menjumpai korban yang masih membutuhkan layanan pemulihan untuk jangka waktu yang cukup panjang. @fen

Baca Juga :  BSI Untuk Menjadikan Indonesia Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Fendy Sy Citrawarga

One thought on “LPSK dan BNPT Teken MoU soal Perlindungan Korban Terorisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Politikus PSI Polisikan Jurnalis Senior Farid Gaban Atas Tuduhan Kritik Penguasa

Kam Mei 28 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Umum Perhimpunan Cyber Indonesia yang juga politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muannas Alaidid melaporkan jurnalis senior Farid Gaban ke Polda Metro Jaya, Rabu 27 Mei 2020. Farid melaporkan Muannas atas dugaan menyebarkan berita bohong dan menyesatkan serta penghinaan terhadap penguasa melalui media sosial. Laporan Muannas Alaidid […]