Luhut Minta Suporter Tidak Datang ke Stadion Saat Pembukaan Liga 1

Editor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta para suporter klub sepak bola untuk tidak datang ke stadion saat pembukaan pertandingan Liga 1 Indonesia./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta para suporter klub sepak bola untuk tidak datang ke stadion saat pembukaan pertandingan Liga 1 Indonesia.

“Saya minta para suporter untuk tidak datang ke stadium atau melakukan aktivitas nonton bareng. Mari kita mendukung klub masing-masing dan menikmati jalannya pertandingan dari rumah saja,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (23/8/2021) malam.

Luhut menegaskan dalam pelaksanaan PPKM ke depan, pemerintah akan melakukan uji coba protokol kesehatan dalam pertandingan sepak bola Liga 1 yang akan berlangsung pada 27-29 Agustus 2021.

Pertandingan Liga 1 akan dilakukan di Jakarta tanpa penonton dengan maksimal tiga pertandingan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, sama halnya dengan pusat perbelanjaan, mal, dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan melalui penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

“Saya mohon pengertian masyarakat juga mengenai ini, kita melakukan betul-betul pelonggaran ini dengan bertahap, bertingkat, dan berlanjut karena kalau tidak terjadi nanti outbreak lagi yang kita semua tutup yang akan merugikan kita semua,” ujar Luhut.

Kompetisi sepak bola teratas nasional Liga 1 Indonesia 2021-2022 secara resmi diluncurkan pada 12 Agustus 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan pemerintah akan mengawasi ketat Liga 1 Indonesia 2021-2022 dan Liga 2021 yang akan segera bergulir bulan ini.

Pengawasan tersebut sudah disetujui oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI. Ketika nantinya terdapat pelanggaran, pemerintah akan berkoordinasi dengan PSSI dan LIB agar menerapkan sanksi yang sesuai.

Sementara, di luar pertandingan, Menpora menyerahkan pengawasan sepenuhnya kepada Polri. Pihak kepolisian menjadi garda terdepan dalam memantau pergerakan suporter ke stadion, kegiatan nonton bareng atau aktivitas lain yang menyebabkan kerumunan.

Baca Juga :  Deteksi Covid-19, 25 Kamera Dipasang di Masjidilharam

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 direncanakan berlangsung mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022. Kompetisi tersebut digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Format pelaksanaan Liga 1 2021-2022 tidak berubah dari rencana semula, yaitu digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga di Jawa Timur.

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2. Akan tetapi, waktu pelaksanaan dan teknis penyelenggaraannya akan dipastikan kemudian. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ormas MGP Kamis Nanti Rencanakan Aksi Demo Bawa 200 Orang Anggota

Sel Agu 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Merasa tidak mendapat respon dari Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Ormas Manggala Garuda Putih (MGP), merencanakan akan melakukan demo pada hari Kamis nanti (26/8/2021). Tujuan dari aksi tersebut, MGP meminta Pemkab Bandung bisa bertindak tegas untuk setiap kegiatan pembangunan yang sudah melanggar aturan. Dan menimbulkan keruakan lingkungan. […]