Mahfud Ungkap Sulitnya Kontrol Medsos: Perlu Kerja Sama Demi Jaga Bangsa

Editor :
Menko Polhukam Mahfud Md./dok. kemenko polhukam/via detiknews/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan informasi palsu atau hoaks di tengah pandemi Covid-19 berpotensi memecah belah bangsa. Dia mengajak para rektor Perguruan Tinggi Keagamaan untuk menangkal hoaks-hoaks yang banyak beredar.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam dialog virtual bersama pimpinan perguruan tinggi kagamaan negeri/swasta, Jumat (6/8/2021).

Mahfud menyampaikan pemerintah tidak bisa sembarangan menutup akun yang diduga menyebarkan hoaks.

“Di era digital kita berhadapan dengan media sosial yang susah dikontrol. Misal pemerintah mau tutup satu akun, itu bisa jadi perkara, tidak boleh sembarangan,” kata Mahfud melalui keterangan tertulis, Sabtu (7/8/2021), dilansir detik.com.

Mahfud menuturkan perlu ada kerja sama semua pihak termasuk perguruan tinggi dalam membendung narasi-narasi yang tidak sehat dan tidak jelas sumbernya.

Semua itu, kata Mahfud, dilakukan demi melindungi bangsa dan negara.

“Perlu kerja sama pengertian hak tentang menjaga bangsa ini bukan hanya berdasar aturan hukum resmi. Tapi juga berdasar sikap moral kita untuk melindungi bangsa ini,” ujar

Sementara, Rektor Universitas Hindu Indonesia Bali, Danriasa di tengah pandemi Covid-19 masyarakat sangat sensitif sehingga mudah terprovokasi. Dia mengatakan beberapa universitas di Bali kini sudah mulai aktif memberikan informasi melalui podcast agar masyarakat tidak mudah termakan hoaks.

“Oleh karena itu beberapa universitas di Bali sudah aktif membuat program dalam bentuk Podcast, untuk menyampaikan informasi informasi yang menjadi kebijakan pemerintah pusat yang diturunkan menjadi kebijakan pemerintah daerah,” katanya. @fen

Baca Juga :  Pemkab Garut Berikan Bantuan Tunai pada Karyawan Terkena PHK

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Titah Jokowi, Jangan Biarkan Vaksin Lebih dari 2 Hari

Ming Agu 8 , 2021
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh kepala daerah untuk terus mendukung percepatan vaksinasi. Dia meminta gubernur hingga wali kota agar tidak membiarkan vaksin lebih dari dua hari. “Kecepatan vaksinasi, yang semuanya harus mendukung. Selain tiga tadi, kunci terakhir adalah kecepatan vaksinasi. Semua negara lakukan ini dan kita […]