Makanan untuk Lansia agar Sehat dan Panjang Umur

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Memasuki usia lanjut, banyak orang yang mengalami penurunan nafsu makan atau mengurangi porsi makanan. Hal ini bisa berdampak pada kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Padahal, makanan sehat untuk lansia sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka.

Makanan sehat untuk lansia adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, makanan sehat untuk lansia juga harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan, kebutuhan energi, dan kemampuan menelan mereka.

Menurut dr. Rizal Alaydrus, Sp.PD-KGH, dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan geriatri dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, makanan sehat untuk lansia dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit yang sering dialami oleh lansia, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, osteoporosis, dan demensia.

“Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan lansia adalah pola makan. Pola makan yang sehat dapat meningkatkan imunitas, memperbaiki fungsi organ, menjaga berat badan ideal, menguatkan otot, dan memperlambat penuaan,” ujar dr. Rizal.

Lalu, apa saja contoh makanan sehat untuk lansia?

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh lansia, seperti dilansir dari Hello Sehat dan Dokter Sehat:

1. Ikan, seperti tuna, salmon, atau mackerel. Ikan merupakan salah satu contoh makanan yang baik untuk lansia karena mengandung protein dan lemak omega-3 yang tinggi. Lemak omega-3 dapat membantu mencegah peradangan, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi otak.

2. Telur, mengandung protein, vitamin B, dan kolin yang baik untuk lansia. Protein dapat membantu mempertahankan massa otot, vitamin B dapat membantu metabolisme energi, dan kolin dapat meningkatkan fungsi otak dan memori.

Baca Juga :  Miliki Empat Kriteria Penilaian, Desa Nagrak Ikuti Lomba BBGRM Jabar

3. Sayuran berdaun hijau. Seperti bayam, kangkung, brokoli, dan lobak. Sayuran ini mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mencegah risiko penurunan kognitif, anemia, osteoporosis, dan kanker.

4. Buah-buahan, seperti apel, pisang, pepaya, jeruk, dan alpukat. Buah-buahan mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu pencernaan, menjaga kesehatan mata, kulit, dan rambut, serta mencegah infeksi dan penyakit kronis.

5. Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang kedelai, dan almond. Kacang-kacangan mengandung protein, serat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan fitokimia yang dapat membantu menurunkan kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan risiko penyakit jantung.

6. Susu dan produk olahannya, seperti yogurt, keju, dan susu fermentasi. Susu dan produk olahannya mengandung protein, kalsium, vitamin D, dan probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan saluran pencernaan.

7. Oatmeal, mengandung serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan berat badan.

Selain makanan sehat di atas, lansia juga perlu memperhatikan cara pengolahan, porsi, dan jadwal makan. Cara pengolahan makanan sebaiknya menggunakan metode yang tidak menambah lemak jenuh, garam, atau gula, seperti merebus, mengukus, memanggang, atau menumis. Porsi makan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan energi dan aktivitas lansia, dengan prinsip sedikit-sedikit tapi sering. Jadwal makan sebaiknya teratur, yaitu tiga kali makan utama dan dua kali makan selingan setiap hari.

“Makanan sehat untuk lansia harus bervariasi, bergizi, dan seimbang. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, sekitar 1,5-2 liter per hari. Hindari makanan yang berlemak, asin, manis, pedas, atau berpengawet. Jika lansia memiliki penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran makanan yang sesuai,” tutup dr. Rizal.

Baca Juga :  Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bandung, Prioritaskan Perlindungan Para UMKM

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Suling di Wajak, Bupati Malang Resmikan Masjid Abdul Choir Dan Paud Sunan Ampel

Sab Jan 6 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MALANG – Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM menghadiri safari sholat subuh keliling di wilayah Kecamatan Wajak sekaligus meresmikan Masjid Abdul Choir dan PAUD Sunan Ampel berlokasikan di Desa Codo Kecamatan Wajak, Jumat (5/1) pagi. Turut hadir pada acara ini Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik […]