Makomat UIN SGD Bandung Diisi Teknik Penulisan Artikel Ilmiah

Editor Makomat UIN SGD Bandung siisi dengan teknik penulisan artikel ilmiah./visi.news/istimewa.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Makomat (Masa Kegiatan Orientasi Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020 diisi dengan “Latihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.”

Kegiatan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tasawuf dan Psikoterapi (TP) dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa Baru Tasawuf Psikoterapi dengan Nilai Religiusitas Guna Menciptakan Capacity Building yang Kreatif.”

Teknik penulisan artikel disajikan oleh Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sesi ini dipandu Chyril Futuhana Ahmad, Mahasiswa TP yang juga bagian dari personal pengelola Jurnal Syifa al-Qulub Jurusan TP.

Wahyudin memulai materi dengan beratanya, apa itu artikel ilmiah. Yaitu, makalah sasaran penerbitan di jurnal ilmiah. Saat ini jurnal ilmiah bersifat open sistem.

“Artinya, jurnal dikelola dan diterbitkan secara digital. Jurnal juga bersifat open access. Maksudnya, terbuka secara digital sehingga bisa diakses khalayak global,” ujar Wahyudin dalam keterangan tertulis yang diterima VISI.NEWS, Minggu (6/12/2020).

Ada 1001 keuntungan menulis artikel, lanjut dia, di antaranya penguatan skill penulisan akademik, peluang partisipasi event forum ilmiah semisal konferensi, pengelolaan pengetahuan, pengukuran index produktifitas akademik, dan pengakuan global.

Bagaimana memulai menulis artikel. Mula pertama membuka kesadaran bahwa informasi amat melimpah di himpunan bigdata untuk dikelola menjadi pengetahuan sistematis yang bermakna.

Ada berbagai platform repositori database bereputasi yang bisa diakses secara gratis.

Untuk itu, penguasaan aplikasi references menjadi mutlak. Aplikasi ini berperan untuk menambang dan memilah data kutipan dari repositori. Gunakan aplikasi references yang terstandar internasional. Latihan penggunaan aplikasi references mesti dari semester awal.

Menulis artikel bukan perkara yang sulit karena telah disediakan template. Sebuah format baku penulisan artikel. Tugas penulis mematuhi template itu. Bahkan, bukan artikel ilmiah disebutnya bila keluar dari template. Bagi akademisi, template tidak bisa diabaikan bila hendak memulai latihan menulis artikel.

Baca Juga :  Pembangunan 189 Unit Rumah Deret Tamansari Ditargetkan Rampung Tahun ini

Hadir di acara ini Dr. Muhlas, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhtar Ghazali, M.Ag., Ketua Jurusan, Dr. Cucu Setiawan, M.Ag., Sekretaris, dan Erwin, Ketua Umum HMJ TP FU Periode 2020-2021.

Makomat melibatkan mahasiswa baru (maba) sebanyak 174 orang. Menulis artikel di jurnal ilmiah untuk pengakuan global menjadi kesadaran bersama Maba TP FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia Tahun 2020. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

KPK Tetapkan Mensos Juliari Batubara Tersangka Kasus Bansos Covid-19

Ming Des 6 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait bansos Covid-19. Selain Juliari, KPK juga menetapkan empat orang tersangka lain. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, kasus tersebut bermula dari informasi terkait adanya dugaan penerimaan uang oleh sejumlah penyelenggara negara yang diberikan […]